Hindari 10 Gestur Ini Ketika Wawancara Kerja

0
494
Hindari 10 Gestur Ini Ketika Wawancara Kerja
Hindari 10 Gestur Ini Ketika Wawancara Kerja

Indolah.com – Hindari 10 Gestur Ini Ketika Wawancara Kerja. Selain komunikasi verbal, bahasa tubuh juga menentukan bagaimana orang melihat anda. Keterampilan komunikasi non verbal yang baik memberitahu lawan bicara tentang bagaimana karakter anda.

Mulai dari percaya diri, energik, profesional hingga kejujuran. Seseorang dengan komunikasi non verbal yang kurang baik memberi kesan rendah diri.

Baca juga: Pria Ini Operasi Implan Payudara Demi Dapatkan Pekerjaan

Hal itu berpengaruh pada kurangnya minat dari perusahaan untuk merekrut anda. Sebab itu anda harus tahu bahasa non verbal yang baik saat panggilan kerja. Berikut bahasa tubuh yang membuat anda terlihat tidak profesional saat panggilan kerja:

Postur Tubuh yang Buruk

      Agar terlihat percaya diri, anda harus berdiri tegak dan jangan membungkuk. Ini akan membuat anda terlihat lebih siap untuk memulai panggilan kerja.


Gelisah dan Gerakan Tangan

      Jangan terlihat gelisah dengan menggunakan banyak gerakan tangan. Banyaknya gerakan tangan menanda kelemahan dan kurangnya rasa percaya diri. Jika tangan tidak bisa diam, usahakan menciptakan gerakan tangan halus yang menunjukkan otoritas anda.


Tidak Berikan Umpan Balik

      Tidak menanggapi apa yang dikatakan oleh lawan bicara bisa juga menjadi kesalahan besar dalam panggilan kerja. Usahakan untuk menanggapi dan menunjukkan ketertarikan anda dengan apa yang sedang dibahas dalam setiap topik yang dilontarkan.

Tak Ada Kontak Mata

      Kontak mata adalah salah satu hal penting dalam komunikasi non verbal. Studi menunjukkan menjaga kontak mata saat berbicara memiliki dampak yang besar pada kemampuan untuk membujuk. Kurangnya kontak mata sering menyiratkan penipuan. Saat kontak mata, sesekali melihat ke kiri dan ke kanan tidak masalah asalkan jangan melihat ke bawah.

Jabat Tangan yang Lemah

      Idealnya saat panggilan kerja, berjabat tangan atau bersalaman harus tegas. Namun usahakan anda tidak terkesan sombong.

Ketidakcocokan Pesan Verbal dan Non

      Membuat ekspresi wajah berlawanan dengan apa yang anda ucapkan. Contoh saat anda mengatakan sanggup melakukannya tapi menunjukkan gestur menyilangkan tangan dan memutar bola mata seperti terlihat ragu.

Tidak Tersenyum

      Tersenyum menunjukkan kepercayaan, keterbukaan, kehangatan dan energi. Tanpa senyum, individu sering dilihat sebagai pribadi yang suram atau penyendiri.

Menyentuh Wajah

      Menyentuh wajah sebaiknya dihindari saat wawancara kerja. Gerakan ini dapat menyiratkan anda gugup atau tidak jujur terhadap pernyataanmu.

Menggerakkan Kaki

      Saat gugup atau cemas anda sering tak membuat gerak tubuh secara tidak sadar. Salah satu yang paling sering ditemui adalah menggerak-gerakan kaki tanpa henti. Gerakan kaki ini menandakan anda sangat tidak nyaman bahkan tak sabar ingin keluar dari ruangan.

Menguap

    Menguap bisa memberikan tanda bahwa anda bosan, malas dan mengantuk. Sudah pasti pihak pewawancara tidak akan menerima anda sebagai karyawan. Solusinya tidur yang cukup sebelum melakukan wawancara kerja.

Setiap orang menginginkan pekerjaan yang sesuai. Ketika mendapat panggilan di kantor yang diimpikan tentu saja anda ingin memberikan yang terbaik. Salah satunya dengan menghindari 10 hal di atas.

(Visited 80 times, 1 visits today)