Kaliandra, Surga Bagi Yang Kerap Dilanda Lelah dan Stres

0
689

Kaliandra, Surga Bagi Yang Kerap Dilanda Lelah dan Stres

Indolah.com – Padatnya aktivitas, beratnya beban pekerjaan, serta banyaknya tuntutan hidup terkadang membuat masyarakat yang tinggal di perkotaan kerap dilanda lelah dan stres.

Kalau sudah begini, itu artinya Anda membutuhkan waktu untuk sejenak berlibur dan berelaksasi mengistirahatkan tubuh dan pikiran.

Nah, satu tempat yang cocok untuk melewatkan momen liburan dan relaksasi adalah Desa Wisata Kaliandra. Kaliandra adalah wujud kearifan budaya Jawa.

Sebuah tempat sempurna untuk Anda berkeliling menikmati alamnya. Di Kaliandra, saat pagi hari, Anda bisa menikmati matahari terbit, kicauan burung serta suasana damai jauh dari hiruk-pikuk keramaian.

Saat pagi Anda bisa berkeliling Komplek Kaliandra, atau turun naik dari Hastinapura ke Bharatapura, melalui jalan berbatu. Menikmati pemandangan indah, hijau dengan aneka bunga.

Kaliandra awalnya adalah sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berbadan hukum yayasan dan telah berdiri sejak tahun 1997. Kaliandra lahir karena suatu visi mulia, yaitu terciptanya manusia yang mandiri, berbudaya dan berkelanjutan.

Nama Kaliandra terinspirasi dari pohon Kaliandra yang dikenal sebagai tanaman perintis, karena kemampuannya bertahan hidup di lahan kritis dan memiliki banyak fungsi.

Baca Juga : Berikut Ini 5 Kota di Indonesia Yang Udaranya Terdingin

Terletak di kaki Gunung Arjuno, Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, kini Kaliandra menjelma menjadi sebuah desa wisata yang cantik. Secara garis besar, Kaliandra terdiri dari dua kampung (istilah Kaliandra dalam menyebut area), yaitu Hastinapura dan Bharatapura.

Jika Anda ingin lari dari aktivitas dan kepenatan hidup yang menderu setiap hari, datanglah ke tempat ini karena lingkungan alamnya yang asri, udaranya yang sejuk, suasananya yang relatif sepi, akomodasi yang artistik, kegiatan berbasis budaya, pelatihan berbasis alam, area pertanian organik dan ekowisata, akan siap menemani kunjungan Anda.

Dalam menjalankan setiap aktivitasnya, Kaliandra berpijak pada prinsip menjunjung tinggi budaya, ramah lingkungan, gotong-royong, partisipasi, kemitraan, disiplin dan kemandirian.

Desa wisata ini mengembangkan beragam program pelatihan dan fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung, baik lokal maupun internasional.

Selain itu, Kaliandra mempunyai dua tempat makan yang disebut Griya Dahar Sembadra yang terletak pada komplek Hastinapura, dan satunya lagi bernama Mahameru. Masing-masing lokasi mempunyai keistimewaan.

Griya Dahar Sembadra mempunyai pemandangan bebas dari puncak gunung Arjuna, sedangkan rumah makan Mahameru dikelilingi oleh berbagai tanaman hias yang merupakan khas dari Kaliandra.

Di Kaliandra, Anda akan dihidangkan menu makanan tradisional nan sehat tanpa penyedap rasa. Untuk kudapan, dibuat langsung oleh penduduk sekitar.

Tak kalah nikmat, minumannya pun beraneka rasa. Mulai dari teh secang, teh teragon campuran madu dengan jeruk nipis serta daun teragon, juga ada bandrek.

Nah, Anda yang suntuk akibat rutinitas sehari-hari, jangan ragu untuk rencanakan liburan Anda ke Desa Wisata Kaliandra.

(Visited 134 times, 1 visits today)