Kesatuan Kopasus Kini Di Nilai Aktivis HAM Lebih Humanis

0
665

Kopasus1

Indolah.com – Jakarta, Pengamat militer, Susaningtyas Nefo Handayani Kertapati menilai Satuan Kopassus yang dipimpin oleh Mayjen Doni Monardo mengalami kemajuan yang cukup membanggakan. Salah satunya ialah mengundang para musuh yang pernah bertempur dengan korps baret merah itu.

“Saya ikut terlibat didalamnya, melakukan mediasi dengan musuh Kopassus, semoga ini jadi semangat yang berlanjut, termasuk oleh TNI secara keseluruhan,” ujar perempuan yang akrab disapa Nuning Kertapati itu saat berbincang di Jakarta, Minggu (2/8/2015).

Baca juga : Seorang Pria Tewas Karena Menghirup Gas Hidrogen

Nuning menambahkan, sistem dan mekanisme kerja Kopassus, saat ini dinilai lebih humanis dibanding periode-periode sebelumnya. Hal tersebut terlihat dari pendeketan-pendekatan yang represif yang kian ditinggalkan.

“Sekarang Kopassus dilanda dengan hal yang bersifat humanis,” imbuhnya.

Kopasus

Sementara itu, Ketua KontraS, Haris Azhar menilai sosok Brigjen TNI Herindra sebagai orang yang kredibel memimpin korps baret merah. Ia mengaku pernah melaporkan kasus kekerasan yang dilakukan oleh oknum Grup II dan langsung ditindaklanjuti oleh Herindra.

“Herindra terbuka dan komunikatif. Dia bukan orang yang menutup diri,” Ujar Haris.

Perlu diketahui, Brigjen TNI Herindra, resmi menggantikan Mayjen Doni Monardo sebagai Komandan Jenderal Kopassus.

Sementara Mayjen Doni saat ini memimpin Kodam XVI/Pattimura. Doni berpesan agar Kopassus, sebagai tujuh huruf pembawa maut bagi musuh dalam operasi militer, sedangkan dalam keadaan damai membawa kebaikan.

(Visited 261 times, 1 visits today)