Myanmar Kembali Memanas, Bangun Kuil Di Dekat Gereja Dan Mesjid

0
623
Myanmar Kembali Memanas, Bangun Kuil Di Dekat Gereja Dan Mesjid
Myanmar Kembali Memanas, Bangun Kuil Di Dekat Gereja Dan Mesjid

Indolah.com – Myanmar Kembali Memanas, Pemimpin umat Kristen Myanmar meminta situasi di Negara Bagian Karen tetap kondusif setelah pendukung seorang biksu kenamaan Buddha membangun pagoda di atas tanah gereja. Ia takut ketegangan antar umat beragama meningkat setelah pembangunan paksa tersebut.

Penduduk beragama Kristen yang paling tersulut emosinya, karena para pekerja pagoda sengaja memasang bendera-bendera Buddhis di tanah gereja tanpa izin. Tindakan itu dinilai provokasi serius.

Pembangunan itu dimulai pada Maret 2016 setelah pendukung Biksu Myaing Kyee Ngu mendirikan sebuah patung dan menancapkan bendera Buddha di tanah tersebut. Pada Sabtu 23 April, mereka kembali ke tanah tersebut dan mendirikan pagoda.

Baca JugaPastur Dan Istrinya Dikubur Hidup-Hidup Saat Mencegah Gerejanya Dihancurkan

Mereka lalu berpindah ke Kota Hlaingbwe, Karen, untuk membangun sebuah pagoda di wilayah yang didominasi Muslim tersebut. “Itulah sebabnya saya minta seluruh pemuda lokal, entah kalian Buddha, Kristen, Islam, untuk tidak melakukan perbuatan bodoh,” ujar Saw Stylo, pemimpin umat Kristen Myanmar,

 Myanmar Kembali Memanas karena Umat Kristen di Karen selama bertahun-tahun selalu  mengeluhkan penghinaan dan diskriminasi oleh mayoritas Buddhis. Tekanan sosial itu dulu dibekingi tentara.

Sedangkan umat muslim cenderung sudah menahan diri dalam kasus kali ini. Posisi umat Islam lebih rentan, setelah pada 2012 lalu terjadi kerusuhan bermotif SARA di provinsi Rakhine. Warga Buddha menyasar penduduk Rohingya. Ratusan warga tewas, terutama dari Rohingya. Selanjutnya 10 ribu warga etnis minoritas beragama Islam itu terpaksa kabur ke luar negeri.

(Visited 221 times, 1 visits today)