80 Rumah di Desa Pantai Bakti Roboh Akibat Banjir Luapan Kali Citarum

0
591

Bekasi – Banjir dari luapan Kali Citarum, merendam pemukiman warga di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi Utara. Tercatat 80 rumah roboh akibat derasnya terjangan air dari jebolnya tanggul Kali Citarum.

Lurah Pantai Bakti, Suwinta mengatakan, banjir sudah meredam pemukiman warga sejak Senin (13/1) lalu. Tanggul yang menahan air Kali Citarum jebol dan melimpah ke rumah warga.

“Airnya deras, langsung menghantam rumah warga, 80 rumah roboh dan 35 rusak ringan. Banjirnya setinggi 2 meter,” ujar Suwinta kepada detikcom di Desa Pantai Bakti, Muara Gembong, Bekasi Utara, Jawa Barat, Sabtu (1/2/2014).

Suwinta menjelaskan, ada 2.500 jiwa yang yang terbagi dalam 800 KK di Desa Pantai Bakti ini. Selain merendam rumah, banjir juga merendam sawah dan tambak ikan yang merupakan sumber penghasilan warga. Sejak kejadian jebolnya tanggul, hingga hari ini, warga tidak bisa beraktifitas mencari nafkah.

“Kegiatan warga lumpuh total. Warga sejak 19 hari lalu hanya fokus gotong royong untuk perbaikan tanggul, tapi sampai sekarang tanggulnya juga belum selesai,” kata Suwinta.

Untuk sementara, lanjut Suwinta, warga terpaksa mengungsi di permukaan yang lebih tinggi. Mereka sangat mengharapkan bantuan seperti obat-obatan, makan, pakaian, selimut dan susu bayi.

“Warga tidak bisa mencari nafkah seperti biasa. Jadi sangat bergantung kepada bantuan,” katanya.

(Visited 83 times, 1 visits today)