Abduh Lestaluhu, Prajurit TNI yang Bernyali Baja di Kandang ‘Gajah Putih’

0
2079
Abduh Lestaluhu, Prajurit TNI yang Bernyali Baja di Kandang 'Gajah Putih'
Abduh Lestaluhu, Prajurit TNI yang Bernyali Baja di Kandang ‘Gajah Putih’

Indolah.com, JAKARTA – Menjadi anggota TNI berartiΒ Abduh Lestaluhu harus menjaga kedaulatan NKRI. Pun, sebagai anggota keluarga besar Lestaluhu, ia ditakdirkan untuk menjaga tradisi sepak bola.

Abduh Lestaluhu tentu pernah bermimpi membela panji merah putih di masa kecilnya. Lahir di sebuah desa bernama Tulehu, Maluku, kini Abduh menjelma menjadi bintang.

Namanya dielu-elukan. Aksinya menendang keras bola ke arah bangku cadangan Timnas Thailand di laga Final Piala AFF leg kedua memang berbuah kartu merah. Tetapi, pemain PS TNI itu banjir pujian.

Pasalnya, usai menendang keras bola ke arah bangku cadangan Timnas Thailand, nyali Abduh tak ciut. Meski pemain cadangan Thailand emosi dan menyerbunya, ia malah memasang badan sambil mengangkat kedua tangan, seolah menantang.

Beruntung, wasit segera memisahkan Abduh dari kepungan pemain Thailand. Terlihat jelas wajah sedih Abduh kala itu. Ia seolah menahan diri untuk tak mengeluarkan air matanya di detik-detik akhir pertandingan tersebut.

Abduh tentu memiliki alasan bersikap seperti itu. Ia kesal dengan ulah pemain cadangan dan official Thailand yang sengaja menahan bola dengan maksud mengulur waktu.

“Kami sedang memburu gol namun pemain-pemain mereka mengulur waktu. Hal itu membuat saya emosi,” ucap Abduh kepada wartawan seusai pertandingan.

Aksinya itu mendadak menjadi perbincangan netizen. Ia dianggap sebagai pemain terbaik pada laga malam tadi. Netizen menganggap, sepanjang pertandingan Abduh tak pernah lelah. Ia jatuh bangun demi memperjuangkan mimpinya, memberikan gelar juara Piala AFF bagi Timnas Indonesia.

Terkait kekalahan yang diterima Indonesia, Abduh mengakui bahwa Thailand memang memiliki tim yang lebih baik, dari segi kualitas maupun persiapan.

“Kami harus akui Thailand tampil lebih bagus. Mereka juga memiliki persiapan yang lebih baik.”

“Sementara Indonesia dengan persiapan sempit bisa sampai final. Saya rasa tim ini punya masa depan yang sangat bagus,” tutur Abduh.

Kekalahan Timnas Indonesia di final Piala AFF 2016 membuat Indonesia kembali harus mengubur mimpi mereka untuk jadi juara. Indonesia sudah lima kali merasakan partai puncak namun belum pernah sekalipun bisa mengakhirnya dengan trofi di tangan. (hw)

(Visited 1,373 times, 1 visits today)