Ada 815 juta pemilih, India gelar pemilu terbesar di dunia

0
536

dLM7aT8vRG

INDOLAH.COM – Ratusan juta rakyat India memberikan suara mereka dalam pemilu yang digelar hari ini (7/4/2014). Pemilu India diklaim sebagai pemilu dengan jumlah pemilih terbesar di dunia, yakni sekitar 815 juta orang.

Pemilu digelar serentak, termasuk di daerah terpencil di negara itu. Rakyat India antusias untuk memberikan hak suaranya dengan mimpi dapat mengubah keadaan untuk masa mendatang.

”Kita perlu perubahan, seseorang akan datang dan mengubah semuanya,” kata Ashim Sarkar, 35, seorang manajer toko tas di India, seperti dikutip Reuters.

Antrean rakyat untuk memberikan suaranya sudah dimulai pukul 07.00 waktu setempat. Partai Modi (BJP) dan koalisinya diprediksi akan memenangkan pemilu, dengan meraih mayroitas dari 543 kursi parlemen. Prediksi itu salah satunya muncul dari lembaga survei India, CSDS.

BJP dianggap partai populer karena disukai kalangan pebisnis besar. Namun, partai itu dianggap gagal dalam mencegah kerusuhan anti-Muslim tahun 2002 yang menelan ribuan korban jiwa. Namun, partai tersebut membantah tuduhan itu dan mengklaim Mahkamah Agung tidak menemukan bukti untuk menuntut BJP.

Perdana Menteri India, Manmohan Singh, mengatakan ia telah mengundurkan diri dan Kongres India sekarang dipimpin oleh Rahul Gandhi, anggota dari kubu dinasti Nehru yang memiliki pengaruh besar di India.

(Visited 67 times, 1 visits today)