Android 8.1 Beritahu Kecepatan Wi-Fi Sebelum Terkoneksi

0
423
Android 8.1 Beritahu Kecepatan Wi-Fi Sebelum Terkoneksi
Android 8.1 Beritahu Kecepatan Wi-Fi Sebelum Terkoneksi

Indolah.com – Android 8.1 Beritahu Kecepatan Wi-Fi Sebelum Terkoneksi. Google meluncurkan fitur baru untuk Android Oreo 8.1 yang memberitahu pengguna seberapa cepat atau lambatnya jaringan sebelum terhubung dengannya, membantu menghindari menghabiskan waktu bergabung dengan jaringan yang mungkin memiliki sinyal yang kuat namun ternyata sangat lambat sehingga menggunakan data ponsel akan lebih baik.

Jaringan Wi-Fi yang dimaksud di sini adalah yang tidak dilindungi password dan bisa diakses oleh umum. Label kecepatan baru muncul di samping simbol kekuatan Wi-Fi dan membagi kecepatan jaringan menjadi Slow, OK, Fast, dan Very Fast.

Slow menunjukkan jaringan cukup baik untuk melakukan panggilan dan mengirim teks. OK cocok untuk membaca situs, media sosial, dan streaming musik, sementara sinyal Fast bagus untuk kebanyakan video. Very Fast berarti Anda bisa melakukan streaming video dengan kualitas tinggi.

Seorang manajer komunitas untuk forum pengguna Pixel mengklarifikasi bahwa setiap label mencerminkan rentang kecepatan untuk jaringan dan hanya bekerja pada jaringan Wi-Fi terbuka, yang berarti tidak akan memberikan label kecepatan untuk jaringan yang memerlukan kata sandi untuk bergabung.

Slow = 0 – 1Mbps
OK = 1Mbps – 5Mbps
Fast = 5Mbps – 20Mbps
Very Fast = 20Mbps +

Fitur pendeteksi kecepatan WiFi publik ini juga bisa dinon-aktifkan jika tidak diinginkan pengguna Android. Untuk melakukannya, buka menu Settings > Network & Internet > Wi-Fi > Wi-Fi Preferences > Advanced > Network rating provider > None.

Fitur ini tidak akan muncul pada jaringan Wi-Fi pribadi atau yang memiliki password dengan alasan privasi dan keamanan jaringan, sebagaimana dihimpun dari Mobile Syrup, Rabu (24/1/2018).

Sementara label hanya merupakan indikator umum kecepatan yang dapat diharapkan, informasi tambahan bisa berguna saat memilih jaringan dari daftar yang sebelumnya hanya menunjukkan kekuatan Wi-Fi.

Android Oreo sendiri memiliki fitur untuk mengaktifkan Wi-Fi secara otomatis. Sistem operasi (OS) ini akan melacak lokasi perangkat, lantas menghubungkannya dengan jaringan wi-Fi yang sudah pernah terkoneksi sebelumnya secara otomatis.

Fitur tersebut diumumkan pada bulan Desember dengan Android 8.1 namun baru saja diluncurkan setelah beberapa pengujian.

(Visited 36 times, 1 visits today)