Antisipasi Kerusuhan, 145 Napi Teroris Dipindah ke Nusakambangan

0
348
Antisipasi Kerusuhan, 145 Napi Teroris Dipindah ke Nusakambangan
Antisipasi Kerusuhan, 145 Napi Teroris Dipindah ke Nusakambangan

Indolah.com – Antisipasi Kerusuhan, 145 Napi Teroris Dipindah ke Nusakambangan, Sebanyak 145 tahanan terorisme yang mendekam di Rutan Mako Brimob dipindahkan ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Mereka akan menempati masing-masing 1 sel.

Menurutnya, proses pemindahan ratusan napi itu melibatkan sejumlah instansi terkait di antaranya TNI, Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.

Sri menyampaikan, para teroris itu akan ditempatkan di sebuah ruangan khusus dengan sistem pengamanan yang maksimal.

Nantinya, setiap napi tersebut akan menghuni satu ruangan khusus yang dirancang hanya untuk seorang.

“Sistem perlakuan, pembinaan dan pengamanan akan diterapkan sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku,” katanya.

Dia menuturkan, sipir yang bertugas di dalam penjara “one man one cell” juga memiliki kemampuan yang terlatih untuk melakukan penjagaan terhadap para tahanan.

“Kapasitas yang memadai dan petugas pemasyarakatan yang telah dilatih dan dinilai untuk kebutuhan mengamankan dan membina narapidana teroris,” jelasnya.

Dari keterangan polisi, ada 10 tahanan lain yang menyerah belakangan. Sepuluh orang itu belum diberangkatkan ke Nusakambangan.

Baca Juga : Separuh Blok Mako Brimob Sempat Dikuasai, Begini Keadaan Ahok

Pihaknya juga masih berkomunikasi dengan TNI-Polri terkait pemindahan sisa 10 narapidana rutan Mako Brimob terkait kerusuhan di penjara. Total teroris yang mendekam di rutan Salemba Cabang Mako Brimob ada sebanyak 155 orang.

“Ya, itu kan sedang proses, nanti kalau selesai prosesnya akan saya informasikan. Demi keamanan mohon agar bersabar,” katanya.

Aksi kerusuhan narapidana kasus terorisme di rutan Mako Brimob terjadi pada Selasa (8/5/2018) malam. Insiden yang berujung penyandera anggota polisi itu, baru bisa dikendalikan pagi tadi sekitar pukul 07.15 WIB.

Terkait aksi kerusuhan itu, lima dari sembilan anggota polisi yang disandera para narapidana teroris tewas akibat luka-luka tembakan dan senjata tajam.

(Visited 57 times, 1 visits today)