Aplikasi Edit Foto Terbaik Gratis untuk iPhone dan Android

0
105

Aplikasi Edit Foto Terbaik Gratis untuk iPhone dan Android

Indolah.com, Jakarta – Aplikasi untuk mengedit foto sudah bisa digunakan lewat smartphone baik iPhone atau Android, ia kerap digunakan untuk kebutuhan bermedia sosial demi tampilan yang menarik.

Bagaimanapun, melakukan beberapa pengeditan foto yang kreatif dapat menjadi cara yang bagus agar kamu tidak hanya bisa menikmati hasil foto asli dari fotografi.

Kini, terdapat beberapa aplikasi untuk mengedit foto yang bisa digunakan baik untuk sitem operasi Android maupun iOS, dan bisa digunakan oleh pengguna secara gratis.

Dilansir dari CNET, Rabu (21/12/2022), berikut daftar delapan aplikasi edit foto gratis terbaik untuk Android dan iOS yang bisa kamu gunakan.

Baca juga: Trik Foto Pada Malam Hari Menggunakan Hp Android

1. Snapseed

How Much Does Snapseed Cost?

Aplikasi pertama yang menjadi rekomendasi untuk mengedit foto adalah Snapseed. Aplikasi ini gartis dan bisa digunakan di Android maupun iOS.

Snapseed milik Google menawarkan berbagai alat eksposur dan warna untuk mengubah gambar yang kamu punya, tetapi juga memiliki banyak opsi filter, dari gaya vintage hingga tampilan HDR yang modern dan mencolok.

Kamu dapat melapisi efek untuk membuat beberapa suntingan yang menarik pada gambar kamu. Dan yang paling penting aplikasi ini benar-benar gratis.

Baca juga: Inilah Daftar Aplikasi HP Paling Boros Baterai

2. Adobe Lightroom

10 reasons Lightroom is the best mobile photo editor - Android Authority

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan di sistem iOS dan Android adalah Adobe Lightroom, pada aplikasi ini terdapat beberapa fungsi yang tersedia gratis, atau bisa berlangganan $5 atau sekitar Rp78.000 per bulan untuk akses penuh.

Adobe Lightroom tetap menjadi standar industri untuk fotografer profesional dan versi selulernya hampir sama. Kamu tidak akan menemukan stiker, animasi, atau emoji di sini, tetapi kamu akan mendapatkan kontrol halus atas gambar dan seperangkat alat yang sama yang kamu temukan di Lightroom pada desktop.

Ini adalah aplikasi yang paling sering digunakan untuk mengedit gambar di iPhone dan iPad, paling tidak karena gambar disinkronkan di cloud, memungkinkan suntuk memulai di satu perangkat, dan melanjutkan di perangkat lain.

3. Adobe Photoshop Express

Best 25 Free Photoshop Apps For Your Phone - TrickyPhotoshop

Aplikasi editing foro selanjutnya adalah Adobe Photoshop Express, aplikasi ini gratis dan bisa digunakan di sistem iOS dan Android. Sehingga bisa dengan mudah mengedit foto dari momen yang kamu dapatkan.

Photoshop Express memiliki banyak fitur yang sama dengan yang kamu temukan di Lightroom, termasuk eksposur, kontras, dan opsi pengeditan warna, tetapi untuk menghapus beberapa alat pro dan sinkronisasi cloud kamu tetap perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan fitur tersebut.

Ini adalah alat yang hebat untuk mengubah gambar kamu untuk menghasilkan yang terbaik, tetapi kamu juga akan menemukan pilihan filter dan tekstur overlay yang layak, serta alat untuk membuat kolase keren dari gambar yang kamu punya.

Baca juga: Tips Hemat Kuota Hp Android agar Lebih Awet

4. Prisma

Prisma Photo Editor Awarded Top App of 2016 - YouTube

Prisma merupakan aplikasi untuk mengedit foto yang bisa digunakan di sistem iOS dan Android, dan bisa berlangganan dengan harga $8 atau Rp125.000 sebulan dan bisa juga $30 atau Rp470.000 setahun.

Prisma tidak berurusan dengan filter halus dan koreksi gambar dasar. Sebaliknya, filter trippy-nya akan mengubah gambar kamu menjadi kreasi artistik yang seringkali aneh. Hasilnya memiliki efek yang sangat indah dan memang banyak filter yang terinspirasi oleh seniman seperti Salvador Dali dan Picasso.

Filternya kuat, dan meskipun kamu dapat men-tweaknya, tidak setiap filter akan berfungsi dengan setiap gambar. Tetapi sangat menyenangkan untuk bereksperimen dan ketika kamu menemukan foto yang sesuai, itu benar-benar berfungsi.

5. Bazaart

Bazaart: Photo, Video and Design Editor

Aplikasi satu ini hanya bisa digunakan di sistem iOS saja, dan harus berlangganan seharga $8 atau Rp125.000 per bulan dan $48 atau setara dengan Rp750.000 per tahun.

Alat montase dan kolase Bazaart memungkinkan kamu untuk menggabungkan beberapa elemen berbeda mulai dari foto, teks, hingga grafik dan melapisi semuanya untuk membuat karya seni yang sudah jadi.

Aplikasi Ini juga memiliki alat yang memungkinkan kamu menghapus latar belakang secara instan dari belakang subjek potret untuk menempatkan latar belakang baru atau melapisi beberapa efek. Ini juga memiliki berbagai macam template untuk membuat kolase cantik untuk kebutuhan story Instagram.

6. Photofox

Photofox Download – Enlight Photofox Online

Aplikasi selanjutnya adalah Photofox, ia hanya bisa digunakan di sistem iOS saja. Seperti Bazaart, Photofox memiliki alat canggih untuk menghapus subjek dari latar belakang yang memungkinkan kamu menggabungkan latar belakang baru, atau menerapkan efek mengagumkan.

Banyak orang yang sangat menyukai efek dispersi Photofox, yang membuatnya terlihat seperti subjek kamu meledak menjadi partikel, serta efek glitch dan eksposur ganda yang melapisi dua gambar di atas satu sama lain.

Seperti halnya Bazaart, ada kemungkinan tak terbatas tentang apa yang dapat kamu lakukan dengan melapisi dan mengomposisi berbagai jenis gambar dan menerapkan efek berbeda pada masing-masing gambar.

Baca juga: Trik Kirim Pesan WhatsApp ke Banyak Orang

7. VSCO

VSCO Relaunches to Focus on Serving More 'Serious' Creatives | PetaPixel

Aplikasi VSCO bisa digunakan di perangkat dengan sistem iOS dan Android, namun jika menggunakan secara gratis, beberapa fungsi yang tersedia dari aplikasi ini sangat terbatas.

Jika ingin menggunakannya secara optimal, kamu bisa berlangganan seharga $20 atau Rp312.000 per tahun dengan masa uji coba gratis tujuh hari.

VSCO memulai hidup dengan membuat preset penilaian warna untuk Lightroom dan akarnya jelas di aplikasi hari ini. Alih-alih menawarkan stiker dan GIF animasi untuk penggemar Snapchat, VSCO adalah aplikasi yang mempunyai filter warna film yang lebih berseni.

Aplikasi ini memiliki sejumlah besar preset yang tersedia, termasuk tampilan yang dirancang untuk meniru gulungan film klasik dari Fujifilm, Kodak, dan Ilford.

Aplikasi Ini juga memiliki banyak pilihan filter hitam-putih, menjadikannya pilihan yang bagus untuk bereksperimen jika kamu menyukai bidikan monokrom yang moody.

8. PicsArt

PicsArt - Your All-In-One Photo & Video Editor - The Shorty Awards

Aplikasi terakhir yang direkomendasikan untuk mengedit foto adalah PicsArt, aplikasi yang bisa digunakan di sistem iOS dan Android, namun terdapat beberapa fungsi sederhana yang gratis atau bisa berlangganan dengan harga $48 atau sekitar Rp750.000 setahun untuk seluruh suite sehingga bisa dengan bebas menggunakan fitur apa saja.

PicsArt memiliki berbagai macam alat pengeditan yang tersedia, mulai dari penyesuaian dasar seperti pencahayaan dan kontras, hingga penilaian warna sinematik dan filter dramatis yang mengubah gambar kamu menjadi karya seni seperti lukisan.

Ada banyak pilihan untuk nada dan bentuk wajah kamu dalam selfie. Selain itu, jika kamu tertarik, terdapat juga elemen berbagi sosial bergaya Instagram untuk PicsArt.

Itulah delapan rekomendasi aplikasi edit foto gratis yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik hasil foto kamu sehingga terlihat luar biasa. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Akun Twitter dengan Follower Terbanyak Sedunia

(Visited 21 times, 1 visits today)