Banjir Surut, TNI AD `Sapu Bersih` Sisa Lumpur Bukit Duri

0
759

Jakarta : Banjir di beberapa wilayah di Ibukota sudah mulai surut. Kini tumpukan sampah dan lumpur yang terbawa air banjir pun menunggu untuk ‘dieksekusi’. Dan untuk membantu membersihkan genangan lumpur di lingkungan warga, TNI AD akan menggelar kerja bakti mulai Senin 27 Januari 2014 besok.

“Mulai besok kita kerja bakti, membersihkan sekolah, tempat ibadah, dan lingkungan masayarakat sehingga tidak menimbulkan penyakit,” kata Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman di posko pengungsian Kelurahan Bukit Duri, Jakarta Selatan, Minggu (26/1/2014).

Budiman menjelaskan, dalam satu atau dua hari ke depan, awan pembawa hujan akan bergerak ke arah Timur dan Utara. Artinya, kawasan Jakarta dan sekitarnya tak akan diguyur hujan untuk sementara waktu. Tapi, dirinya meminta prajurit untuk tetap waspada jika terjadi perubahan cuaca secara signifikan.

“Satu dua hari ke depan kondisi awan hitam akan ke arah timur dan utara. Tapi tidak melepas kemungkinan akan menyusul kembali,” tuturnya.

Untuk itu, kerja bakti untuk membersihkan kawasan terdampak banjir harus segera dilakukan. Budiman juga akan mengerahkan pasukan untuk membantu membersihkan lingkungan warga.

“Kalau cuaca masih bagus kita lakukan pembersihan. Kita manfaatkan satuan di lingkungan Kodam, Kostrad, Kopassus, dan Zeni,” ujarnya.

Tak cuma itu, lanjut dia, TNI AD juga bakal menambah pos kesehatan di titik-titik yang terdampak banjir. Jumlah personel yang disiagakan di pos-pos pengungsian juga bakal ditambah agar warga yang mengeluh sakit dapat langsung ditangani.

“Direktorat Kesehatan Angkatan Darat nantinya akan bekerja sama dengan perusahaan obat untuk menyediakan obat-obatan di lokasi-lokasi pengungsian korban banjir,” pungkas Budiman

(Visited 61 times, 1 visits today)