Bawa Ganja dari Spanyol, Fotografer Cantik dari Belarus Ditangkap Polisi di Bali

0
80
Bawa Ganja dari Spanyol, Fotografer Cantik dari Belarus Ditangkap Polisi di Bali
Bawa Ganja dari Spanyol, Fotografer Cantik dari Belarus Ditangkap Polisi di Bali

Indolah.com, Denpasar – Bawa Ganja dari Spanyol, Fotografer Cantik dari Belarus Ditangkap Polisi di Bali, WN Belarus, Hanna Liakhava (25) divonis 8 bulan penjara. Ia terbukti membawa 0,1 gram ganja dari Spanyol ke Denpasar, Bali. Baik Hanna dan jaksa, sama-sama menerima putusan itu.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Hanna Liakhava telah terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagai penyalah guna Narkotika golongan I bagi diri sendiri sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 127 ayat (1) huruf a UU Nomor 35/2009 tentang Narkotika dakwaan penuntut umum. Menjatuhkan hukuman 8 bulan penjara,” kata hakim Novita Riama di PN Denpasar, Kamis (2/5/2019).

Perempuan yang berprofesi sebagai fotografer ini juga divonis oleh hakim anggota,Esthar Oktavi dan Engeliky Handajani Day. Putusan ini sudah dikurangi 4 bulan dari tuntutan yang diajukan jaksa penuntut umum (JPU) I Gede Raka Arimbawa yakni 1 tahun penjara.

Baca Juga: Kapolri Sebut Massa Berbaju Hitam di Bandung Adalah Kelompok Anarcho-Syndicalism

Bawa Ganja dari Spanyol, Fotografer Cantik dari Belarus Ditangkap Polisi di Bali

Setelah membacakan putusannya, hakim Novita memberi kesempatan yang sama baik kepada JPU maupun Hanna yang didampingi penasehat hukumnya, Gusti Kresna Putra Satria, menyikapi putusan tersebut.

Hanna setelah mendengar nasehat dari Krisna pun seakan tak punya pilihan lain selain menerima dengan lapang dada putusan tersebut.

“Terimakasih Yang Mulia, kami menerima,” kata Krisna.

Hal serupa juga disampaikan jaksa Raka. “Menerima Yang Mulia,” kata Raka.

Ketika keluar dari ruang sidang, Hanna tak kuasa lagi menahan air matanya. Sepanjang jalan menuju sel tahanan Kejari sebelum dibawa ke Lapas Denpasar, ia tampak beberapa kali berupaya mengusap air mata dengan tangannya yang dibrogol.

Perbuatan Hanna terjadi pada 14 Oktober 2018 sekitar pukul 01.45 Wita. Berawal dari Hanna yang menumpangi pesawat China Eastern MU 5029 rute Shanghai-Denpasar mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali, Tuban, Badung. Kemudian, Hanna bersama penumpang lainnya turun dari pesawat melewati terminal kedatangan Internasional menuju ke pos pemeriksaan Bea Cukai untuk mengisi Formulir Costum Declaration kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan X-ray terhadap barang bawaan masing-masing penumpang.

“Saat itu petugas Bea Cukai Ngurah Rai atas nama Ni Nyoman Ayu Puspita Dewi dan Alea Gheasane Nadhila melihat seorang penumpang perempuan membawa koper yang gerak geriknya sangat mencurigakan seperti orang gelisah yang kemudian diketahui bernama Hanna Liakhava,” kata Jaksa Arimbawa.

Karena curiga dengan gerak geriknya, petugas kemudian melakukan pemeriksaan mendalam terhadap koper yang dibawa Hanna. Alhasil, setelah koper tersebut dibuka ditemukan 1 plastik klip berisi potongan daun warna hijau kecoklatan diduga jenis ganja yang disimpan di dalam 2 tabung kecil.

Kepada petugas, barang laknat merupakan sisa pakai saat dirinya berada di Spanyol. “Setelah ditimbang, potongan daun warna hijau kecoklatan yang mengandung Narkotika jenis ganja tersebut, diketahui seberat 0,10 gram.Selanjutnya, Hanna Liakhava berserta barang bukti diserahkan ke Polda Bali untuk diproses lebih lanjut,” kata Jaksa Raka.

(Visited 15 times, 1 visits today)