Bendera Merah Putih Berkibar di China Dan Hongkong

0
1090

merahputih

Indolah.com – HongKong, Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia (RI) juga berlangsung di China dan Hong Kong. Upacara berlangsung khimat dan penuh suka cita masyarakat Indonesia yang berada di sana.

Upacara peringatan HUT RI ke-70 di Kedutaan Besar RI di Beijing, dilaksanakan dengan pembina upacara Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia Soegeng Rahardjo.

Pada upacara peringatan tersebut, penaikan bendera Merah Putih dilaksanakan oleh sembilan putra putri pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang menjalani studi di beberapa perguruan tinggi di Beijing.

Baca juga :  Rakyat Brazil Menuntut Agar Presiden Dilma Rousseff Mundur dari Jabatannya

Usai upacara, digelar berbagai perlombaan anak seperti sendok gundu, makan kerupuk, memasukkan pensil ke dalam botol, menggambar dan mewarnai serta peragaan busana tradisional Indonesia.

Tak hanya itu, masyarakat Indonesia dan para undangan juga dapat menikmati pesta rakyat yang menampilkan aneka kuliner dan produk makanan Indonesia, serta panggung gembira yang menampilkan tari dan lagu dari masyarakat Indonesia di Beijing.

Hal serupa juga dilaksanakan di Konsulat Jenderal RI di Shanghai, Guangzhou dan Hong Kong.

Khusus di Hong Kong, masyarakat Indonesia telah berkumpul di Gedung Konsulat Jenderal RI sejak pukul 07.00 waktu setempat untuk bersama-sama menggunakan bis menuju Wisma Mandiri, tempat upacara peringatan HUT ke-70 RI, digelar.

Upacara HUT ke-70 RI di Hong Kong dipimpin Kompol Danur Lieantara dengan pembina upacara Konjen RI Hong Kong Chalief Akbar Tjandraningrat.

“Ini kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk berkumpul dalam suasana yang akrab, penuh kebersamaan,” kata Fatimah Angelia.

Hal senada diungkapkan Helen See–warga keturunan “Saya telah lama mengabdikan diri sebagai pengajar bahasa Mandarin dan Kanton, untuk para TKI, pengusaha Indonesia yang berbisnis di Hong Kong,” katanya.

“Maka itu, saya selalu hadir di setiap peringatan 17 Agustus, berkumpul bersama dengan masyarakat Indonesia lainnya,” ungkap Helen See–yang juga mengajarkan Bahasa Indonesia kepada pebisnis Hong Kong yang ingin berbisnis di Indonesia.

Usai pelaksanaan upacara, Konjen RI, beserta staf KJRI Hong Kong berfoto bersama dengan 13 orang anggota Paskibra, diikuti komponen masyarakat Indonesia lainnya di Hong Kong.

Masyarakat juga dapat menyantap aneka hidangan kuliner Indonesia seperti bakwan dan arem-arem. Sedangkan panggung gembira baru akan digelar pada sepekan mendatang yakni 23 Agustus 2015 di Taman Victoria.

(Visited 368 times, 1 visits today)