Benowo Park, Gabungan Destinasi Wisata Religi dan Wisata Budaya

0
344
Benowo Park, Gabungan Destinasi Wisata Religi dan Wisata Budaya
Benowo Park, Gabungan Destinasi Wisata Religi dan Wisata Budaya

Indolah.comBenowo Park, Gabungan Destinasi Wisata Religi dan Wisata Budaya. Desa-desa wisata di Propinsi Jawa Tengah selalu bermunculan dengan bermacam potensinya. Di Kabupaten Pemalang, desa wisata ini dapat menggabungkan wisata religi dengan wisata alam budaya.

Ya, desa wisata Penggarit, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, satu diantaranya. Desa itu tawarkan wisata religi di makam Pangeran Benowo, dipadukan wahana alam budaya sekelilingnya bernama Benowo Park.

Tujuan wisata alam-budaya itu diperkembang Tubuh Usaha Punya Desa (Bumdes) Penggarit mulai sejak 2017 kemarin. Beberapa wahana wisata atraktif dihidangkan sampai memanjakan wisatawan.

Satu salah satunya yaitu wisata perahu Susur Sungai Waluh, yang menghubungkan desa wisata Penggarit dengan desa wisata Pengongsoran.

Diluar itu, Benowo Park juga sediakan atraksi berikan makan monyet liar, berikan makan ikan, menembak, sampai memanah.

Penggarit juga aktif mengadakan festival. Satu diantaranya yakni festival mangga Pemalang. Festival itu di gelar karna Penggarit miliki 51 hektare lahan mangga serta sekitaran beberapa ribu pohon mangga yang hidup di pekarangan.

Baca Juga : Inilah 5 Destinasi Wisata di India Yang Bebas Visa Untuk Indonesia

Pesona Benowo Park yang mulai populer itu hingga di telinga Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah yang tengah cuti Pilkada Jateng ini. Ia juga datang untuk lihat segera perubahan desa wisata itu, yang kebetulan tengah mengadakan aktivitas Pasar Tradisionil Kamis Wage.

Sebelumnya lihat tujuan wisata, Ganjar memiliki kesempatan berwisata religi dengan berziarah ke makam Pangeran Benowo. Selesai berziarah, Ganjar juga mencicipi bermacam kuliner tradisionil di Pasar Kamis Wage, pas saat masuk bln. puasa.

Ganjar juga mensupport bila Benowo Park di promosikan untuk jadi satu diantara tujuan andalan Pemkab Pemalang. Ia terasa Benowo Park mempunyai aura wow-effect untuk menarik wisatawan.

“Pemalang ini miliki daya kreasi yang tinggi, tehnologi juga telah masuk ke desa. Desa ini potensinya diperkembang, satu diantaranya ziarah spirtiual dikombinasi dengan wahana wisata. Ada embung, perahu, panahan, taman bunga itu jadi tujuan menarik. Ini dapat alternatif wisata di Pemalang, ” kata Ganjar.

Akan tetapi, Ganjar mengingatkan supaya pengelola Bumdes wisata buat manajemen wisata yag profesional. Jadi obyek wisata, jadi mesti dijaga kebersihannnya, kulinernya, sampai buat wisatawan yang bertandang terasa senang.

“Saya minta bila wisata itu mesti bersih. Bila dapat makanan tradisionil, pengaturan tata ruangan harus juga bagus, jadi mesti ada surprise. Mesti ada surprise dampak wow, jadi bila kesini senang serta nikmat, ” ujarnya.
/div

(Visited 55 times, 1 visits today)