BNN Tangkap Ibrahim Hongkong, Anggota DPRD Langkat dari Fraksi Nasdem

0
706
BNN Tangkap Ibrahim Hongkong, Anggota DPRD Langkat dari Fraksi Nasdem
BNN Tangkap Ibrahim Hongkong, Anggota DPRD Langkat dari Fraksi Nasdem

Indolah.com – BNN Tangkap Ibrahim Hongkong, Anggota DPRD Langkat dari Fraksi Nasdem, Seorang anggota DPRD Langkat dari fraksi NasDem, Ibrahim Hasan alias Ibrahim Hongkong (45) turut ditangkap bersama dengan enam orang lainnya dengan barang bukti 150 kg narkotika jenis sabu.

Penangkapan ini dilakukan waktu Operasi gabungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN), TNI AL dan Bea Cukai.

Ini terungkap sesudah menggerebek jaringan peredaran gelap narkotika di Aceh dan Pangkalan Susu, Sumatera Utara, pada Minggu (19/8/2018) sekitar jam 14.30 WIB.

Berikut fakta-fakta kronologis yang dibeberkan Deputi BNN Pusat Bidang Pemberantasan, Irjen Arman Depari.

Berawal dari penangkapan kayu

Pengungkapan berawal waktu dilakukannya penangkapan pada kapal kayu berwarna biru di perairan Aceh Timur daerah Selat Malaka.

“Di hari Minggu tanggal 19 Agustus 2018 sekira jam 14.30 WIB, sudah dilakukan penangkapan pada kapal kayu berwarna biru di perairan Selat Malaka yang dilakukan oleh Operasi Gabugan BNN Bea Cukai dan TNI AL Langsa berkaitan info ada peredaran gelap narkotika di lokasi Pangkalan Susu Sumatera Utara,” kata Arman Depari.

Sesudah pengamanan kapal kayu itu, tim gabungan merazia dan menyisir ke kapal.

Sesudah pemeriksaan diketemukan empat orang dengan barang bukti tiga karung goni diduga berisi narkotika sabu.

Baca Juga : Wanita Muslim Swedia Tak Diterima Kerja Karena Tolak Salaman

Dilakukan interogasi lebih dalam

Petugas gabungan lalu menginterogasi empat orang yang ditangkap. Akhirnya di ketahui beberapa nama lainnya yang ikut serta dan siapa pemilik sabu.

“Pengejaran dan penangkapan dilakukan pada Ibrahim Hasan alias Ibrahim Hongkong (pemilik narkotika) di Pelabuhan Pangkalan Susu, penangkapan juga dilakukan pada Rinaldi als Naldi pemilik kapal. Tidak hanya iti juga ditangkap Ibrahim alias Jampok merupakan kurir serta orang gudang yang menyimpan narkotika,” jelas Irjen Arman Depari.

Terungkap nama yang lain

Ketujuh terduga yaitu Ibrahim Hasan atau yang dikenal dengan Ibrahim Hongkong, Anggota DPRD Kabupaten Langkat dari Fraksi Nasdem, penduduk alamat Dusun II Bakti Desa Paya Tampak Pangkalan Susu Kabupaten Langkat.

  • Tidak hanya Ibrahim Hongkong, ada atas nama Uun Sasmita (43) Kadus Dusun II Desa Paya Tampak Pangkalan Susu, Langkat.
  • Henri (45) Kepala Kantor Pos Pangkalan Susu, Lorong Abdi Desa Sei Siur Pangkalan Susu, Langkat.
  • Hamzah (47) Supir, warga Desa Paya Tampak Pangkalan Susu, Langkat.
  • Yanik (40) Wiraswasta warga Desa Pintu Air Pangkalan Susu, Langkat.
  • Ibrahim Jampok (45) Wiraswasta warga Desa Paya Tampak Pangkalan Susu, Langkat.
  • Ian (40) Wiraswasta warga Desa Pintu Air Pangkalan Susu, Langkat.

Mengamankan barang bukti

Petugas gabungan BNN sudah mengamankan beberapa barang bukti berbentuk Kapal kayu berwarna biru, tiga karung goni diduga berisi narkotika, mobil Fortuner warna Hitam dengan nopol BK 5 IH, uang tunai sejumlah 1.550.000 rupiah, handphone, Kartu ATM, Paspor no. 6019 0045 3176 8511, Kartu Anggota DPRD Kabupaten Langkat atas nama Ibrahim, sim card serta kartu identitas, dan STNK mobil serta motor.

Masyarakat terkejut

Beberapa pemuda termasuk juga mereka yang tergabung dalam Satuan Tugas Anti Narkoba (SAN) mengakui terkejut ada anggota dewan dari Kabupaten Langkat yang terlibat peredaran narkoba.

Ketua DPD Satuan Tugas Anti Narkoba (SAN) kabupaten Langkat, Hendy Pranata mengakui telah kenal dengan figur Ibrahim Hasan atau Ibrahim Hongkong itu.

“Jika menjadi anggota dewan pasti kenal, akan tetapi tidak dengan pribadi. Kita terkejut juga, sekaligus juga tidak menduga dibalik figur bersih beliau yang santun juga terlibat peredaran narkoba,” kata Hendy.

Ibrahim pengusaha sukses

Tidak hanya anggota DPRD, Ibrahim Hongkong di ketahui masyarakat seorang pengusaha perkebunan yang cukup sukses. Ia mempunyai kebun sawit seribuan hektar di Propinsi Aceh.

Sayangnya, tidak hanya pengusaha sukses, ia diduga adalah pengendali jaringan atau gembong narkoba dimana paket sabu-sabu 150 kg ditangkap di lokasi Perairan Sei Lepan Kabupaten Langkat.

“Untuk melawan kejahatan Narkoba yang telah mengelilingi kita, karena itu, semua bagian masyarakat mesti bersatu,’ tutur Hendy Pranata sebagai ketua DPD Satuan Tugas Anti Narkoba (SAN) kabupaten Langkat.

(Visited 91 times, 1 visits today)