BPOM Resmi Nyatakan Susu Kental Manis Bukan Susu

0
51
BPOM Resmi Nyatakan Susu Kental Manis Bukan Susu
BPOM Resmi Nyatakan Susu Kental Manis Bukan Susu

Indolah.com – BPOM Resmi Nyatakan Susu Kental Manis Bukan Susu, Sesudah bertahun-tahun punya kebiasaan dikonsumsi oleh orang-orang yang menganggap jadi ” susu “, susu kental manis pada akhirnya dengan resmi dinyatakan tak memiliki kandungan susu oleh Tubuh Pengawas Obat serta Makanan (BPOM).

Tanpa ada padatan susu sekalipun, susu kental manis sudah sukses ” menipu ” orang-orang yang malah kerap menyajikannya untuk anak, jadi alternatif dari susu bubuk yang mempunyai harga lebih mahal.

Lewat Surat Edaran perihal Label serta Iklan pada Product Susu Kental serta Analognya (Kelompok Pangan 01. 3) pada Mei 2018, BPOM memberi ketentuan ketat berkenaan peredaran susu kental manis, yaitu :

a. Dilarang tampilkan anak-anak berumur dibawah 5 th. berbentuk apa pun.

b. Dilarang memakai visualisasi kalau product Susu Kental serta Analognya (Kelompok Pangan 01. 3) disetarakan dengan product susu lainnya jadi penambah atau pelengkap zat gizi.

Product susu lainnya, diantaranya susu sapi/susu yang dipasteurisasi/susu yang disterilisasi/susu formula/susu perkembangan.

c. Dilarang memakai visualisasi lukis susu cair serta/atau susu dalam gelas juga di sajikan lewat cara diseduh untuk dikonsumsi jadi minuman.

d. Spesial untuk iklan, dilarang disiarkan pada pukul tampil acara anak-anak.

Berbahaya

Terkecuali ” menipu “, susu kental manis juga dinyatakan beresiko untuk kesehatan.

Konsumsi SKM terlalu berlebih bakal tingkatkan resiko diabetes serta obesitas pada anak-anak.

Hal semacam ini karena sebab kandungan gula tinggi di minuman SKM.

“Jadi sumber daya iya, namun sangatlah tak baik jika daya anak bersumber dari gula ” kata Dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, seseorang dosen Gizi Poltekkes Kementerian Kesehatan Jakarta, pada Kompas. com, Minggu (6/5/2018).

“Badan mempunyai toleransi spesifik serta riset menuturkan, mengkonsumsi gula kian lebih 10% daya keseluruhan bakal berisiko penurunan sensitivitas insulin yang lalu menyebabkan hiperglikemia (kandungan gula darah lebih tinggi dari batas normal) serta menyebabkan resiko diabetes,” lebih Rita.

Indonesia sekarang ini ada di posisi ke-4 didunia yang penduduknya paling banyak terserang diabetes, kata Rita.

Pada piramida gizi seimbang, susu masuk dalam grup bahan makanan sumber protein.

Kandungan 8 gr protein sama dengan satu jumlah telur, daging, ikan serta tempe.

“Harusnya susu ini dapat berikan protein kurang lebih 8 gr, kalsium seputar 250 gr. Serta gula yang bisa untuk anak menurut piramida gizi seimbang seputar satu hingga 2 sendok makan atau sama dengan 26 gr,” kata Rita.

“Bila lalu seseorang anak minum susu dari susu kental manis sejumlah dua gelas /hari, seperti saran gizi seimbang, jadi konsumsi gulanya sangatlah melewati dari pembagian makan satu hari yang seimbang untuk anak, itu saya sayangkan sekali,” kata Rita.

Terkecuali diabetes serta obesitas, konsumsi gula terlalu berlebih bakal mengakibatkan kerusakan gigi pada anak-anak.

“Anak-anak yang sukai mengkonsumsi gula tinggi berbentuk susu serta tak segera membersihkannya, maka dapat menyebabkan caries dentis (gigi karies). Riset perihal itu banyak di jurnal kedokteran,” tuturnya.

Ditulis dari Depkes. go. id, Rabu (28/3/2018), ide susu jadi mengkonsumsi harian orang-orang Indonesia butuh memperhitungkan banyak hal.

Salah satunya, data prevalensi intoleransi laktosa yang tinggi, resiko alergi susu serta penyakit disebabkan kekurangpahaman orang-orang perihal cara menaruh susu dengan pas supaya tak menaruh bibit penyakit.

Diluar itu, harga susu yang difortifikasi atau diberi tambahan zat gizi lainnya jadi nyaris tak dapat dijangkau orang-orang umum.

Itu yang mengakibatkan banyak orang-orang yang berpindah minum susu kental manis.

Kementerian Kesehatan Indonesia menghimbau orang-orang untuk berpindah konsumsi ikan jadi sumber protein yang lebih awet dari pada susu.

(Visited 35 times, 1 visits today)