Broadcom Naikkan Tawaran untuk Qualcomm

0
167
Broadcom Naikkan Tawaran untuk Qualcomm
Broadcom Naikkan Tawaran untuk Qualcomm

Indolah.com – Broadcom Naikkan Tawaran untuk Qualcomm. Broadcom menaikkan tawaran pengambilalihan untuk produsen chip saingan Qualcomm menjadi sekitar $121 miliar pada hari Senin, menumpuk tekanan pada Qualcomm untuk menyetujui pengambilalihan industri teknologi terbesar yang pernah ada dan yang dapat mempengaruhi masa depan smartphone.

Dalam menawarkan $82 per saham, naik dari sekitar $70 sebelumnya, Broadcom menaikkan taruhannya sebulan sebelum rapat pemegang saham tahunan Qualcomm, di mana ia berharap dapat menggeser seluruh dewan. Tawaran tersebut, menurut Broadcom, adalah penawaran “terbaik dan terakhir”.

“Setiap dewan rasional akan mempertimbangkan apa yang telah kami kemukakan,” kata Hock Tan, CEO Broadcom melalui telepon.

Langkah Broadcom akan menciptakan raksasa teknologi yang produknya akan digunakan di hampir semua smartphone di dunia. Namun, apakah sebuah kesepakatan berlanjut, tetap menjadi pertanyaan terbuka: Kepemimpinan Qualcomm dengan keras menentangnya, sementara analis mengatakan bahwa bahkan jika pemegang saham menyetujui kesepakatan tersebut, hal itu dapat ditolak dengan alasan antimonopoli.

Pertarungan tersebut menggarisbawahi semakin pentingnya teknologi semikonduktor terhadap segala macam perangkat modern, bahkan seiring meningkatnya biaya pengembangan chip komputer, jumlah produsen ke elite yang kaya. Penjualan chip global melonjak 21,6 persen menjadi $412,2 miliar pada 2017, Asosiasi Industri Semikonduktor mengatakan Senin.

Konsumen memiliki andil dalam kontes ini, karena Qualcomm cenderung terkait erat dengan kinerja handset masa depan – terutama teknologi nirkabel generasi baru yang disebut 5G – dan harga yang dapat dibayar pengguna.

Qualcomm mengembangkan teknologi yang menjadi fondasi bagi semua komunikasi seluler digital, sebuah posisi yang memungkinkan perusahaan menjual chip dan membebankan royalti paten untuk hampir semua smartphone yang terjual. Model tersebut menghasilkan arus keuntungan yang luar biasa yang ditimbulkan Qualcomm dalam mengembangkan chip nirkabel generasi baru, serta mikroprosesor yang menangani perhitungan pada perangkat mobile.

Chip tersebut membantu Apple mengubah iPhone menjadi salah satu produk paling menguntungkan dalam sejarah teknologi tinggi. Tapi Qualcomm juga membantu Samsung Electronics Korea Selatan dan banyak pesaing China, yang menghasilkan banjir dengan harga murah dan membuat smartphone terjangkau bagi banyak orang. Apple menggugat Qualcomm setahun yang lalu, menyerang praktik perizinan paten yang juga telah ditentang oleh regulator di Amerika Serikat, Eropa dan Asia.

Broadcom mengejar model bisnis Qualcomm pada hari Senin dalam serangkaian slide besar, dan telah mengindikasikan akan berusaha untuk berdamai dengan Apple, yang merupakan pelanggan Broadcom utama untuk jenis chip nirkabel lainnya. Namun beberapa produsen besar China telah menyatakan keprihatinannya atas kesepakatan tersebut, yang mencerminkan rekam jejak Broadcom mengenai pemotongan pengeluaran untuk penelitian dan kenaikan harga chip.

Samsung juga sekarang tampaknya berpihak pada Qualcomm, yang pekan lalu mengumumkan kesepakatan paten baru dengan perusahaan Korea Selatan dan kesepakatan Samsung untuk menghentikan menentang Qualcomm dalam proses peradilan di negara tersebut.

Tim manajemen dan dewan Qualcomm secara konsisten berpendapat bahwa pendekatan pengambilalihan Broadcom bersifat oportunis karena berlangsung selama pertarungan hukum Qualcomm yang memar dengan Apple, dan juga harga yang terlalu rendah.

Tapi tawaran yang direvisi mungkin menarik perhatian pemegang saham untuk meminta agar eksekutif Qualcomm memulai negosiasi. Qualcomm melaporkan penurunan pendapatan operasional sebesar 96 persen pekan lalu, karena Apple telah menolak untuk membayar sejumlah biaya lisensi.

Hal ini juga berjuang untuk menyelesaikan tawaran pengambilalihan sendiri, untuk pembuat chip NXP Semiconductor, di tengah dorongan dari investor perusahaan tersebut.

Bagi Mr. Tan, yang membangun Broadcom selama hampir satu dekade dari serangkaian pengambilalihan, masalah Qualcomm adalah masalah yang dapat diperbaiki dan timnya – dan Qualcomm tidak menunjukkannya sendiri.

“Kami sangat menghormati teknologi dan inovasi yang hadir dengan teknologi 5G,” katanya. “Tapi kami percaya, mengingat track record kami, kami bisa melakukan lebih banyak lagi.”

Broadcom melakukan lebih dari sekedar menaikkan harga penawarannya pada hari Senin. Perusahaan juga berjanji untuk membayar biaya perpisahan “signifikan” jika regulator memveto sebuah kesepakatan, dan juga untuk membayar uang tambahan jika kedua perusahaan tersebut tidak menutup transaksi setahun setelah pengumuman. Ini juga berkomitmen pada langkah lain untuk menutup transaksi, termasuk menjual bisnis yang tumpang tindih.

Langkah tersebut dimaksudkan untuk menyoroti komitmen Broadcom terhadap kesepakatan tersebut. Jaminan semacam itu mungkin terbukti penting, mengingat pertanyaan di kalangan analis dan investor mengenai apakah sebuah kombinasi dapat memenangkan persetujuan peraturan.

Mr Tan berargumen bahwa Broadcom telah mengadakan pembicaraan konstruktif dengan regulator di seluruh dunia, dan bahwa perusahaannya memiliki rekam jejak untuk menutup transaksi dengan cepat. Dia juga menolak kekhawatiran Qualcomm berulang kali tentang masalah antimonopoli.

“Berdasarkan apa Qualcomm yang telah berputar dalam enam bulan terakhir, mereka kekurangan spesifikasi dan retorika yang tinggi,” kata Tan.

Dalam sebuah pernyataan, Qualcomm mengatakan sedang mempertimbangkan tawaran baru tersebut.

Broadcom juga mengatakan akan menarik penawarannya jika Qualcomm menjadwalkan ulang rapat pemegang saham tahunannya dari tanggal 6 Maret, atau jika membayar lebih dari $110 per saham yang telah menawar NXP.

(Visited 54 times, 1 visits today)