Bus Kecil Berjalan Tanpa Sopir di Bandara Tokyo Haneda

0
39
Bus Kecil Berjalan Tanpa Sopir di Bandara Tokyo Haneda
Bus Kecil Berjalan Tanpa Sopir di Bandara Tokyo Haneda

Indolah.comBus Kecil Berjalan Tanpa Sopir di Bandara Tokyo Haneda, Jepang. Bus berteknologi swakemudi alias otonom itu ditest di bandara Haneda. Bus mempunyai hiasan logo All Nippon Airways (ANA).

Dikabarkan Japan Times, bus itu terlihat seperti bus biasa jika disaksikan di luar. Terlihat seorang duduk di bangku pengemudi. Tetapi sebetulnya, bus itu tidak dioperasikan siapa juga, termasuk juga orang yang duduk dibalik kemudi. Pengemudi yang duduk itu cuma untuk pastikan keselamatan.

Ini ialah sisi dari serangkaian eksperimen kendaraan swakemudi pertama di Jepang. Bus didesain untuk mengangkat penumpang dalam zone hanya terbatas di bandara.

Langkah menguji kendaraan otonom dikerjakan waktu Jepang tengah melawan permasalahan penyusutan tenaga kerja sesaat jumlahnya wisatawan luar negeri bertambah.

Baca Juga >>> Motor Modif Anak Bangsa Berhasil Unjuk Gigi di Italia

“Seperti dilaporkan dengan luas di alat, industri kami mengerti minimnya pengemudi menjadi permasalahan terpenting. Lewat mekanisasi, kami mengharap bisa meningkatkan waktu operasi kendaraan, tingkatkan pengaturan kendaraan, serta kurangi tenaga pengemudi bus,” kata seseorang petinggi ANA, Tadakatsu Yamaguchi.

Jepang mempunyai tujuan untuk mempunyai transportasi automatis sekurang-kurangnya di satu bandara Jepang pada 2020. Tahun kedepan, Tokyo bisa menjadi tuan-rumah Olimpiade Musim Panas.

Bus berjalan 600 mtr. dari Terminal 2 ke terminal satelit. Bus Hino Motors Poncho yang dapat mengangkat 28 orang itu lakukan perjalanan pada rute yang dipastikan GPS. Di zone yang dilarang pemakaian GP, bus memercayakan tehnologi magnetik. Ada satu receiver dibawah bus untuk ikuti pemberi tanda magnetik yang tertanam di jalan.

Untuk hindari tabrakan dengan pesawat, operator manusia jarak jauh lakukan kontrol keselamatan lewat gambar dari camera yang dipasang di serta di luar bus. Di hari esok, diinginkan satu monitor akan mengatasi beberapa kendaraan saat yang bertepatan. (rgr/ddn)

(Visited 5 times, 1 visits today)