Canggih, pesawat MH370 disebut disabotase pakai komputer

0
719

Indolah.com – Para penyidik yakin, bahwa hilang pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 karena sabotase atau sengaja dialihkan oleh seseorang di dalam pesawat. Mereka menyebut, seseorang itu telah memprogram pengalihan jalur pesawat menggunakan komputer.
Tim investigasi, termasuk pihak Kepolisian Malaysia kini fokus pada penyelidikan pilot dan co-pilot pesawat MH370. Laporan penyidik, bahwa pesawat MH370 disabotase menggunakan komputer dilansir media Amerika Serikat (AS), New York Times, Selasa (18/3/2014).

Dalam laporannya, media AS itu menyatakan, fakta bahwa pengalihan rute—seharusnya dari Kuala lumpur ke Beijing–, menggunakan komputer pertama kali disuarakan pejabat Malaysia.
Masih menurut laporan media AS, sabotase pesawat dengan komputer, kemungkinan besar diprogram  oleh seseorang di kokpit pesawat yang memiliki pengetahuan tentang sistem pesawat.
Para penyidik ragu, jika sabotase itu dilakukan secara manual. Mereka menganalisa, seseorang di dalam kokpit telah mengetikkan tujuh atau delapan keystrokes ke dalam komputer yang berada pada tempat setinggi lutut antara pilot kapten dan perwira pertama pesawat.
Sistem manajemen penerbangan yang diprogram dengan komputer sudah dikenal lama. Di mana program itu mampu mengarahkan pesawat dari titik-titik tertentu yang direncanakan sebelum pesawat terbang.
Namun, laporan itu belum menyimpulkan, apakah pemrograman komputer itu dilakukan sebelum atau setelah pesawat lepas landas.

Sementara itu, teka-teki kata-kata \\\”allright, goodnight\\\”, yang merupakan komunikasi terakhir dari pesawat MAS MH370, telah terjawab. Kata-kata itu ternyata diucapkan oleh co-pilot Fariq Abdul Hamid.
”Penyelidikan awal menunjukkan, bahwa suara itu adalah (suara) milik co-pilot,\\\” kata CEO Malaysia Airlines, Ahmad Jauhari Yahya, seperti dikutip dari Channel News Asia, kemarin. Ucapan itu dilontarkan Fariq, 12 menit sebelum MAS MH370 hilang dari pantauan radar pengawas udara Bandara Internasional Kuala Lumpur.

(Visited 65 times, 1 visits today)