Cara Mengatasi Masalah Akun WA Diblokir Sementara

0
43
Cara Mengatasi Masalah Akun WA Diblokir Sementara
Cara Mengatasi Masalah Akun WA Diblokir Sementara

Indolah.com, Jakarta – Salah satu masalah yang kerap dijumpai pada aplikasi pesan instan WhatsApp (WA) adalah akun WA diblokir sementara. Belakangan di Twitter, masalah akun WA diblokir sementara ramai dibicarakan oleh sebagian pengguna.

Dari perbincangan di media sosial, sebenarnya kenapa tiba-tiba WA diblokir sementara? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan lengkap tentang penyebab WA diblokir sementara yang tengah ramai dibicarakan.

Baca Juga: Kegunaan Komunitas di WhatsApp

Penyebab WA diblokir sementara

Tanda WA diblokir sementara adalah munculnya pesan di layar aplikasi yang menjelaskan bahwa akun telah “Diblokir Sementara”. Pesan umumnya disertai dengan batas waktu pemblokiran akun seperti yang tertera pada media sosial.

Saat pesan akun WA diblokir sementara itu muncul, pengguna tak akan bisa mengakses semua layanan, seperti chat, voice call, video call, dan lainnya. Aplikasi WhatsApp hanya menampilkan pesan “Diblokir Sementara” ketika dibuka.

Dikutip dari laman resmi FAQ WhatsApp, masalah WhatsApp diblokir sementara bisa terjadi karena pengguna memakai aplikasi WhatsApp versi modifikasi (WhatsApp Mod), seperti WA GB, WA Aero, WA Yo, WA Plus, FMWhatsApp, dan lainnya.

Semua aplikasi WhatsApp Mod tersebut tidak dikembangkan secara resmi oleh pihak WhatsApp, tapi oleh pengembang pihak ketiga. Pengembangan aplikasi WhatsApp Mod sendiri sejatinya juga tidak mendapat izin dari pihak WhatsApp.

Jadi, dengan kata lain, aplikasi WA GB, WA Yo, dan sejenisnya, bisa disebut sebagai aplikasi ilegal. Untuk diketahui, WhatsApp Mod umumnya hanya tersedia pada ponsel berbasis Android, sedangkan iPhone tidak ada.

Namun, aplikasi WhatsApp Mod tidak dapat diunduh langsung dari Google Play Store, toko aplikasi resmi untuk ponsel Android. Pengguna bisa mendapatkan atau mengunduh WhatsApp Mod lewat file APK yang tersedia di situs web pengembang masing-masing.

WhatsApp Mod menawarkan fitur yang cukup menarik untuk pengguna. Sering kali fitur-fitur itu tidak tersedia secara resmi di aplikasi WhatsApp asli. Salah satunya seperti fitur untuk melihat pesan yang sudah dihapus oleh pengguna.

Kendati mungkin fitur-fiturnya cukup menarik, tapi tetap itu adalah aplikasi ilegal yang tidak mendapat otorisasi dari WhatsApp. Akibat tergolong sebagai aplikasi ilegal, pengguna yang tetap memakai WhatsApp Mod bakal dikenai sanksi dari pihak WhatsApp.

Sanksi tersebut berupa pemblokiran akun sementara hingga selamanya (permanen). Saat diberi sanksi pemblokiran sementara, pengguna masih diberi kesempatan untuk beralih ke aplikasi WhatsApp resmi.

Bila tak segera beralih maka akun bakal diblokir permanen. Lalu, bagaimana cara memperbaiki WhatsApp yang terblokir sementara? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi WhatsApp diblokir sementara dengan beralih dari aplikasi WhatsApp Mod ke aplikasi WhatsApp resmi.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Status WhatsApp Menjadi Offline

Cara mengatasi WhatsApp diblokir sementara

  • Bila akun telah diblokir sementara, tunggu hingga dibuka kembali. Pada layar aplikasi WhatsApp Mod bakal terdapat penunjuk waktu yang memperlihatkan durasi pemblokiran akun.
  • Sebelum berpindah, jangan lupa cadangkan chat WhatsApp lebih dulu. Di WhatsApp Mod, cara pencadangan chat bisa dimulai dengan mengetuk “Opsi lainnya” > “Chat” > “Cadangan chat”.
  • Setelah mencadangkan chat, bukalah menu pengaturan ponsel, lalu ketuk “Penyimpanan” > “File”.
  • Temukan folder WhatsApp Mod, kemudian ketuk dan tahan hingga muncul opsi di sudut kanan atas. Klik “Lainnya” > “Ubah Nama”, lalu ubah nama folder menjadi “WhatsApp”. Kemudian, unduh aplikasi resmi WhatsApp di Play Store. Setelah terinstal, silakan login akun di aplikasi WhatsApp resmi.
  • Pada halaman pengaturan pencadangan di aplikasi WhatsApp resmi, ketuk “Pulihkan” > “Berikutnya”. WhatsApp kemudian akan memulihkan chat yang telah dicadangkan tadi.

Baca Juga: Chat ke Nomor Sendiri di WhatsApp Sudah Bisa di Indonesia

Perlu diketahui, cara ini mungkin akan membantu memindahkan chat dari aplikasi WhatsApp Mod ke aplikasi resmi, tapi tidak ada jaminan akan sukses 100 persen karena pihak WhatsApp tidak mendukung aplikasi yang ilegal.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar penyebab dan cara mengatasi WA diblokir sementara yang tengah ramai dibicarakan di media sosial. Sebagai informasi tambahan, kiranya penting juga untuk mengetahui bahaya dari WhatsApp Mod seperti WhatsApp GB.

Selain bakal diblokir sementara, pengguna WhatsApp Mod juga rentan terhadap beberapa bahaya. Sebagaimana sempat disinggung di atas, file aplikasi WhatsApp Mod tidak tersedia di toko aplikasi resmi, melainkan di situs web pengembangnya.

Dengan proses mendapatkan WhatsApp Mod seperti itu, filenya rawan membawa malware dan spyware yang bisa mencuri data pengguna. Ini dikarenakan tidak ada yang memverifikasi dan menjamin keamanan file aplikasi WhatsApp Mod.

Kemudian, tidak ada jaminan pula privasi percakapan di WhatsApp Mod bakal terjaga. WhatsApp asli memiliki sistem keamanan enkripsi (end-to-end encryption) yang dapat melindungi pesan pengguna agar tak dapat diintip siapapun, termasuk oleh WhatsApp.

Sistem keamanan enkripsi dari ujung ke ujung itu tidak dapat dipastikan apakah tersedia atau tidak di WhatsApp Mod. Will Cathcart, CEO WhatsApp sempat memperingatkan pada pengguna untuk tidak mengunduh dan menggunakan aplikasi WhatsApp Mod.

Melalui sebuah utas di akun Twitter pribadinya dengan handle @wcathcart, Cathcart mengatakan bahwa aplikasi WhatsApp hasil modifikasi tak terjamin keamanannya dan berpotensi mencuri data penggunanya.

Misalnya, seperti di aplikasi WhatsApp modifikasi bernama “Hey WhatsApp” dari pengembang HeyMods.

“Aplikasi ini (WhatsApp modifikasi) menjanjikan fitur baru, tetapi itu sebenarnya hanya tipuan untuk mencuri informasi pribadi yang disimpan di ponsel pengguna,” kata Cathcart.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gagal Scan Barcode WhatsApp Web

(Visited 5 times, 1 visits today)