China Ancam Sanksi Keras Kanada Jika Tak Segera Bebaskan Bos Huawei

0
204
China Ancam Sanksi Keras Kanada Jika Tak Segera Bebaskan Bos Huawei
China Ancam Sanksi Keras Kanada Jika Tak Segera Bebaskan Bos Huawei

Indolah.com – China Ancam Sanksi Keras Kanada Jika Tak Segera Bebaskan Bos Huawei, China mengancam akan memberi konsekuensi berat pada Kanada bila tidak segera membebaskan petinggi Huawei, Meng Wanzhou yang ditangkap pada Sabtu (1/12) kemarin. China menyebutkan penangkapan Wanzhou menjadi kasus yang ‘sangat jahat’.

Dalam keterangan resmi seperti dikutip Reuters, Kementerian Luar Negeri China menjelaskan jika Wakil Meneteri Luar Negeri Le Yucheng sudah keluarkan peringatan serta menyebut duta besar Kanada di Beijing menjadi bentuk protes keras.

“China mendesak Kanada untuk selekasnya membebaskan Wanzhou yang ditahan, serta dengan benar-benar membuat perlindungan hak yang sah. bila tidak, Kanada mesti siap-siap terima konsekuensi serius,” papar Yucheng.

Selain itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland menjelaskan sampai Sabtu belumlah ada informasi lebih lanjut dari Menlu berkaitan masalah ini. Freeland menjelaskan selama ini Kanada mempunyai jalinan penting serta sudah meyakinkan jika Wanzhou mempunyai akses konsuler.

Baca Juga : Ribuan E-KTP Dalam Karung Ditemukan di Pondok Kopi

Penangkapan CFO sekaligus juga anak pendiri Huawei, Meng Wanzhou minggu lalu di Kanada bertepatan dengan pertemuan pada Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di Argentina untuk mengulas permalasahan perang dagang.

Wanzhou ditangkap saat transit penerbangan di Kanada dari AS atas dakwaan berkomplot untuk menipu beberapa lembaga keuangan. Bila dinyatakan bermasalah, Wanzhou akan menghadapi tuntutan lebih dari 30 tahun penjara.

Berita penangkapan Wanzhou sudah mengguncang pasar saham serta membuat tekanan perang dagang semakin memanas. Di sisi lain, PM Kanada sebelumnya sudah menyanggah ikut terlibat dalam penangkapan Wanzhou.

(Visited 24 times, 1 visits today)