“Desa Terbersih Di Asia” Adalah Contoh Untuk Dunia

0
453
"Desa Terbersih Di Asia" Adalah Contoh Untuk Dunia
“Desa Terbersih Di Asia” Adalah Contoh Untuk Dunia

Indolah.com“Desa Terbersih Di Asia” Adalah Contoh Untuk Dunia. Dari botol plastik bekas dan pembungkus kotoran sapi yang mengotori jalanan kota-kota besar seperti Delhi, sampah adalah masalah besar di India, tapi tidak di desa kecil Mawlynnong. Orang-orang di sini memiliki toleransi nol terhadap sampah dan menghabiskan banyak waktu mereka memastikan setiap inci persegi desa mereka bersih.

Mawlynnong pertama kali menjadi berita utama di tahun 2003, ketika seorang jurnalis dari Majalah Discover menyebutnya “desa terbersih di Asia”. Setelah mendengar tentang tempat di mana semua orang, dari anak-anak sampai orang tua, didedikasikan untuk menjaga kebersihan, dia memutuskan untuk menyelidiki, dan sangat terkesan dengan apa yang dia saksikan selama tinggalnya sehingga dia menganggap Mawlynnong layak untuk mendapatkan gelar terbersih di seluruh Asia.

Artikelnya menarik banyak perhatian pada masyarakat sekitar 600 orang di negara bagian Meghalaya, India, dan orang-orang dari seluruh dunia mulai bepergian ke sana untuk melihat contoh kebersihan ini bagi diri mereka sendiri.

Semuanya terdengar seperti tipuan pemasaran yang cerdik untuk menarik minat wisatawan, tapi Mawlynnong lebih dari itu. Selama penduduk setempat ingat, menjaga desa mereka berderit bersih dan indah telah menjadi prioritas utama setiap orang. Tidak ada yang tahu persis bagaimana obsesi kebersihan ini dimulai.

Beberapa percaya bahwa itu adalah wabah kolera, sekitar 130 tahun yang lalu, ketika kebersihan didorong untuk menghentikan penyebaran penyakit ini, sementara yang lain memberi kredit pada masyarakat matrilineal tradisional masyarakat Khasi lokal, dengan peran dominan perempuan sebagai pendorong utama untuk kebersihan dan sanitasi. Satu hal yang pasti, nilai-nilai ini telah diturunkan dari orang tua ke generasi muda, dari generasi ke generasi.

Baca Juga : Gedung Pencakar Langit Kayu Tertinggi di Dunia Siap Dibangun di Tokyo

Anda mungkin bertanya-tanya seberapa bersih Mawlynnong sebenarnya? Benar-benar bersih, berkat sistem yang sangat sederhana namun efektif yang melibatkan semua orang di masyarakat. Setiap pagi, semua anak di desa mengambil sapu teasel mereka dan menyapu jalan-jalan tanah dan daun yang jatuh – tidak banyak lagi – sebelum pergi ke sekolah. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengosongkan keranjang sampah bambu dan memisahkan sampah menjadi bahan organik, sampah plastik dan sampah yang dapat digunakan kembali.

Daun yang dikumpul dimakamkan di dalam lubang besar dan diubah menjadi kompos, sebagian besar plastik dipasang kembali di dalam masyarakat, dan sisanya dibakar di pinggiran desa. Merokok dan penggunaan plastik sebenarnya dilarang di desa, tapi beberapa plastik memang berakhir di tempat sampah yang dikumpulkan, dari wisatawan. Mereka juga orang-orang yang kadang-kadang sampah, tapi penduduk setempat tidak pernah memarahi mereka untuk itu. Sebagai gantinya, mereka hanya menjemput mereka, memastikan rumah mereka tetap bersih seperti biasanya.

Mawlynnong adalah satu dari sedikit komunitas India di mana setiap rumah tangga memiliki toilet sendiri, membuat buang air besar terbuka menjadi tidak masalah.

Seluruh desa berjalan hampir secara eksklusif dengan energi bersih, kebanyakan solar, dan mempekerjakan tim tukang kebun berdedikasi yang memastikan bahwa bunga dan tanaman yang indah yang berjejer di jalanan dan lorong dirawat dengan baik.

Dan bukan hanya area umum Mawlynnong yang sangat bersih dan rapi. Hal yang sama dapat dikatakan untuk setiap rumah tangga di desa, sebagaimana artikel BBC ini menunjukkan. Pentingnya kebersihan sangat tertanam dalam budaya tempat ini sehingga Anda bisa melihatnya dalam segala hal dan semua orang.

(Visited 46 times, 1 visits today)