Dewi Lamsang, Destinasi Wisata Terbaru di Kabupaten Pangkep

0
612
Dewi Lamsang, Destinasi Wisata Terbaru di Kabupaten Pangkep
Dewi Lamsang, Destinasi Wisata Terbaru di Kabupaten Pangkep

Indolah.comDewi Lamsang, Destinasi Wisata Terbaru di Kabupaten Pangkep. Satu sekali lagi lokasi yang punya potensi jadi tujuan wisata baru di Kabupaten Pangkep, Sulsel, namanya Desa Wisata “Dewi Lamsang”, terdapat di Kelurahan Kalabbirang, Kec. Minasatene.

Potensi yang dipunyai oleh lokasi ini sangatlah mengagumkan, ibaratnya seseorang bidadari cantik yang tetap tertidur nyenyak, tinggal menanti sang bidadari bangun untuk memesona tiap-tiap mata. Sekianlah Dewi Lamsang sekarang, semua potensi yang berada di dalamnya bakal bikin mata dunia terperangah bakal buaian keindahannya.

Terdapat di ujung selatan Kelurahan Kalabbirang, dalam lokasi administratif Kecamatan Minastae’ne, Kabupaten Pangkep. Di tepi gugusan karst lokasi Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, di sanalah Sang Dewi Lamsang ada, menunggu beberapa pencinta keindahan alam untuk hadir lihat pesonanya.

Pertemuan dengan Lurah Kalabbirang, Ayah Adnan Hary, malam itu banyak berikan info untuk saya terkait tujuan Dewi Lamsang. Pada saat pertama-tama menjabat jadi Lurah di Kalabbirang pertengahan th. 2016 lalu, Adnan Hary segera berikan perhatian spesial untuk daerah ini untuk membuatnya jadi tujuan wisata baru di Kabupaten Pangkep. Alasannya lumayan sederhana, lokasi ini “sudah jadi”, tinggal dipoles, kata beliau.
Semuanya telah di sajikan oleh alam, barisan bukit karst, goa-goa batu, sungai, sawah serta mata air yang tidak sempat kering di Ulu Urea juga keramahan warga bakal jadi daya tarik untuk beberapa pelancong.

Dewi Lamsang sendiri tidaklah nama orang, DEWI LAMSANG yaitu akronim dari DESA WISATA ALAM PATTALASSANG. Nah, Pattalassang berikut yang disebut nama daerah di lokasi wisata ini.

Ada empat tujuan pokok yang di tawarkan di tempat ini, terkecuali panorama lokasi karst pastinya, yakni Ulu urea Pajjennekang, Pattalassang Pabbarakkang, Leang Surukang serta Pattokonna Simbolenna. Atraksi wisata susur goa juga jadi daya tarik di Dewi Lamsang. Leang Surukang yaitu satu diantara tujuan goa andalan, di Ulu Urea sendiri juga ada banyak goa yang termasuk juga aman untuk dijelajahi oleh beberapa pemula lantaran tingkat kesulitannya tidak terlampau tinggi.

Lalu untuk pengunjung yang ingin camping, di Ulu Urea ada camping ground serta gazebo yang dapat digunakan untuk bermalam, janganlah cemas masalah air lantaran disini ada mata air yang konon tidak sempat kering, di tempat ini dapat telah diperlengkapi sebagian fasilitas pendukung seperti kamar mandi, kantin serta gazebo, namun untuk sekarang ini belumlah ada listrik yang masuk ke tempat Ulu Urea, maka Anda mesti mengantisipasinya apabila ingin bermalam.

Baca juga : Inilah 3 Destinasi Wisata Yang Paling Terkenal di Kota Garut

Ke depan, menurut info dari Ayah Adnan Hary, keasrian lokasi wisata ini bakal masih dipertahankan, mungkin saja cuma ada menambahkan kolam renang serta wahana air untuk pengunjung. Beliau juga berikan bocoran jika nanti pengunjung bakal memarkir kendaraan di seputar pintu gerbang (sekira 1 km. dari Ulu Urea), untuk masuk serta berkeliling-keliling di lokasi wisata Dewi Lamsang pengunjung bakal mengendarai bendi (dokar) atau bersepeda, pengelola bakal menyewakan sepeda. Sembari berkeliling-keliling naik bendi atau sepeda, pengunjung bakal disajikan atraksi wisata seperti pembuatan kuliner tradisionil serta pembuatan cindera mata ciri khas Dewi Lamsang yang dapat juga jadi oleh-oleh pengunjung. Pasti tidak ketinggal untuk melihat kebiasaan warga di sawah atau di kebun.

Satu sekali lagi yang menarik, untuk menjaga keasrian serta rencana desa wisata, untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin bermalam, Adnan Hary bakal menggandeng warga orang-orang di seputar lokasi Dewi Lamsang untuk jadikan rumah mereka jadi Home Stay. Rencana home stay ini pastinya bakal disamakan dengan rencana Desa Wisata. Warga yang tempat tinggalnya jadikan home stay cuma mempersiapkan 1-2 kamar untuk disewakan ke pengunjung, tentunya dengan standard spesifik tanpa ada kurangi rencana home stay desa wisata.

Dengan rencana Desa Wisata itu, keinginan paling utama dari Ayah Lurah juga semua warga Kalabbirang yaitu wujudkan desa wisata berbasiskan orang-orang, yakni pelibatan segera serta tidak segera orang-orang dalam aktivitas pariwisata, hingga dengan kehadiran lokasi wisata Dewi Lamsang ini bakal tingkatkan perkembangan ekonomi orang-orang seputar.

Usaha Ayah Adnan Hary bersama dengan semua deretan pemerintah serta warga Kelurahan Kalabbirang juga support dari pemerintah kabupaten Pangkep pantas diapresiasi. Sedikit untuk sedikit infrastruktur menuju ke tempat telah dibenahi, demikian juga fasilitas pendukung yang lain. Saat ini, sang Dewi menunggu Anda untuk bertandang, selamat hadir di lokasi wisata DEWI LAMSANG.

(Visited 303 times, 1 visits today)