Donald Trump Mengeluhkan Kebijakan Ekonomi Dan Militer Pemerintah China

0
630
Donald Trump Mengeluhkan Kebijakan Ekonomi Dan Militer Pemerintah China
Donald Trump Mengeluhkan Kebijakan Ekonomi Dan Militer Pemerintah China

Indolah.com – Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump Mengeluhkan Kebijakan Ekonomi Dan Militer Pemerintah China melalui akun Twitter, Minggu waktu setempat.

Keluhan ini sekaligus tak menunjukkan tanda-tanda pendekatan damai setelah percakapan telepon dengan Presiden Taiwan menimbulkan kegusaran di Beijing.

Baca Juga >>> Merasa Terancam, Uni Eropa Berencana Menaikan Dana Pertahanan

Trump melakukan percakapan telepon dengan Presiden Taiwan Tsai, Jumat lalu. Hal ini mengundang protes diplomatik dari China. Meski demikian, Wakil Presiden terpilih Mike Pence terkesan meremehkan protes tersebut.

Kini, Trump, yang kerap mengumandangkan pandangannya terhadap China sebagai mata uang saat kampanye, kembali mengeluarkan pandangannya lewat Twitter.

“Apakah China bertanya kepada kita, apakah ‘oke’ mendevaluasi mata uang mereka?” sebut Trump.

Menurut Trump, kebijakan itu telah membuat perusahaan di AS semakin sulit bersaing dengan perusahaan China.

“Menerapkan pajak yang tinggi terhadap produk kita yang ingin masuk ke negara itu, sementara AS tak menerapkan pajak terhadap barang China yang masuk ke AS,” tulisnya.

China, Taiwan, Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Brunei mengklaim bagian dari Laut China Selatan yang dipercaya memiliki kandungan sumber daya alam tersebut. Selain itu, wilayah tersebut menjadi jalur perdagangan internasional yang mendatangkan devisa bagi negara terkait.

(Visited 98 times, 1 visits today)