Ferrari Mengatakan Sekitar 70 Persen Komponen Daytona SP3 Adalah Baru

0
45

Indolah.com – Dapatkah Anda membayangkan menulis cek senilai kira-kira $2 juta untuk sebuah mobil yang sangat kotor sehingga Anda mungkin ingin memakai baju hazmat untuk memeriksa interiornya? Segalanya sedikit terbalik di dunia pencarian gudang, dan ketika mobil yang dimaksud adalah varian satu-satu dari Ferrari 365 GTB/4 Daytona yang legendaris, semuanya menjadi sedikit lebih masuk akal.

Sebelum kita membahas mengapa itu duduk, tidak dicuci dan lebih buruk untuk dipakai, di Museo Ferrari di Modena, mari cari tahu mengapa itu sangat kotor. Mobil tersebut pertama kali muncul pada tahun 2017 melalui lelang RM Sotheby’s. Itu telah disimpan di Jepang selama 40 tahun, diimpor dari Italia hanya beberapa tahun setelah awalnya terdaftar. Itu melewati beberapa tangan sebelum satu Makoto Takai membelinya — dan kemudian duduk, meskipun beberapa pembeli potensial untuk membelinya dari Takai, menurut RM Sotheby’s.

Setiap Daytona istimewa, tetapi bahkan menurut standar Daytona, yang satu ini unik. Nomor rangka. 12653 diduga satu-satunya Daytona jalan raya yang memakai bodi paduan ringan yang dirancang untuk divisi motorsport perusahaan. Selain panel bodi yang ringan, ia juga menampilkan lampu depan dan jendela samping berlapis Plexiglass, dan diolesi cat Rosso Chiaro di atas kulit Nero.

Dengan odometer 36.390 km, mobil itu terjual seharga $2,2 juta di pelelangan itu—kotoran dan sebagainya. Sekarang muncul di Museo Ferrari, dan dipajang pada saat penulisan ini. Tampaknya menunggu restorasi penuh oleh departemen Classiche Ferrari. Ini tentu membutuhkannya kita tidak dapat membayangkan apa yang dilakukan penyimpanan statis selama 40 tahun terhadap bahan lunak dan keras Ferrari yang langka. Setidaknya itu di tangan yang baik, dan harus menjadi bahan percakapan yang cukup untuk pengunjung museum atau makanan mimpi buruk untuk setiap detailer otomatis yang kebetulan mengalaminya.

Jarum tach berhembus melewati 8.000 rpm dan terus berjalan. Ada nada tajam pada raungan metalik yang memenuhi kokpit yang terbuka, dan akselerasinya tidak berhenti. Tiba-tiba, saya menjadi anak berusia 13 tahun dengan mata terbelalak di bioskop lagi, berkendara bersama Erich Stahler saat dia menabrakkan Ferrari 512 S-nya di Mulsanne Straight dalam film epik Le Mans karya Steve McQueen.

Lampu biru berkedip-kedip di bagian atas setir. 828 kuda di belakang saya menginjak batas putaran mesin 9.500 rpm. Aku membiarkan kaki kananku terkubur dan menarik dayung kanan, dan ada retakan yang keras dan bersih dari knalpot, seperti 0,30-06 yang ditembakkan jauh di dalam hutan. Jarum tach turun tepat di bawah angka 8.000, dan serbuan gila banshee terus berlanjut saat roadster merah besar menyerbu pedesaan Prancis.

Dibalut dengan bodywork mencengangkan yang secara kontroversial menggabungkan kurva klasik tahun 60-an dengan kebrutalan aero abad ke-21, Ferrari Daytona SP3 adalah teater murni di atas roda. Mobil ini tanpa malu-malu merayakan mengapa Anda menghabiskan lebih dari $2,2 juta untuk sebuah Ferrari beratap terbuka; suara, kemarahan, kehebatan nakal dari format mesin yang menggerakkan beberapa mobil balap terhebat Maranello.

Tetapi Anda tidak perlu menderita karena seninya. Setelah Anda terbiasa dengan lebar spatbor belakang dan jarak bebas rendah di depan menggunakan sistem pengangkat hidung standar sangat penting saat melewati jalan masuk atau speedbumps—Daytona SP3 ramah dan mudah digunakan seperti Ferrari 296 GTB. Anda dapat dengan mudah mengendarainya setiap hari.

Daytona SP3 adalah yang terbaru dalam seri Icona Ferrari, serangkaian mobil edisi terbatas yang dibuat dengan tangan di Maranello menggunakan komponen utama yang dipinjam dari mobil produksi Ferrari sebelumnya. Hanya 599 yang akan dibangun, dan semuanya telah terjual terlepas dari label harga yang sangat tinggi itu. Yang pertama dari sekitar 150 total mobil untuk penggemar Ferrari AS tiba di Amerika Serikat pada kuartal kedua tahun 2023.

Baca Juga : Inilah Yang Selalu Saya Bayangkan Rasanya. Ferrari V-12 Mid-Engine Hampir 9.000 Rpm.

Meskipun para insinyur Ferrari mengatakan sekitar 70 persen komponen Daytona SP3 adalah baru, sasisnya adalah versi modifikasi dari monocoque serat karbon hypercar LaFerrari Aperta. Tata letak dan geometri suspensi identik, begitu pula rem depan 15,7 inci raksasa dan rem belakang 15,0 inci.

Seperti LaFerrari, Daytona SP3 dilengkapi dengan roda depan 20 inci dan belakang 21 inci, meskipun Pirelli P Zero Corsas, 265/30 di depan dan 345/30 di belakang, telah dikembangkan secara khusus untuk mobil tersebut. memaksimalkan stabilitas dalam kondisi cengkeraman rendah.

Daytona SP3 6.5-liter V-12 adalah versi modifikasi dari powerplant 812 Competizione coupe bermesin depan. Dengan nama kode F140HC, ini adalah mesin mobil jalan pembakaran internal paling bertenaga yang pernah dibuat oleh Ferrari.

F140HC menghasilkan 828 tenaga kuda pada 9.250 rpm yang memusingkan dan menghasilkan torsi 514 lb-ft pada 7.250 rpm. Ujung atas 9.500-rpm itu datang berkat batang penghubung titanium baru, yang 40 persen lebih ringan dari item baja setara, serta piston baru, poros engkol yang lebih ringan dan seimbang, dan pengikut cam jari geser, massa rendah / gesekan rendah teknologi yang dipinjam dari mesin F1 Ferrari.

(Visited 4 times, 1 visits today)