Frustasi cari MH370, kapal selam canggih Inggris dikerahkan

0
574

Indolah.com – Kapal selam Inggris tiba di Samudera Hindia, Rabu (2/4/2014). Kapal selam canggih itu diperbantukan untuk mencari pesawat Malaysia Airlines MH370.

Pengerahan kapal selam Inggris itu di tengah rasa frustasi yang dialami tim pencari pesawat dari berbagai negara yang sudah menjalankan misi lebih dari tiga minggu tanpa hasil.

Kapal selam Inggris itu tiba menjelang kunjungan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak ke Australia untuk terlibat langsung dalam misi pencarian pesawat yang hilang sejak 8 Maret 2014.

Meskipun Pemerintah Malaysia menyatakan akhir perjalanan pesawat MH370 berada di Samudera Hindia, namun tim pencari belum menemukan lokasi insiden pesawat pembawa 239 orang itu.

”Tidak ada perkembangan yang signifikan untuk dilaporkan,” kata Otoritas Keselamatan Maritim Australia (AMSA) melalui Twitter.

Kapal selam Inggris yang dikerahkan untuk mencari pesawat MH370 adalah kapal selam HMS Tireless. ”Kapal tiba di daerah (Samudera Hindia) dengan kemampuan mencari objek di dasar laut, yang diharapkan berkontribusi untuk menemukan pesawat yang hilang,” bunyi pernyataan Angkatan Laut Inggris, seperti dikutip Reuters.

Kapal selam Inggris merupakan kapal selam pertama yang dikerahkan di Samudera Hindia untuk mencari pesawat MH370. Target kapal selam Inggris tersebut adalah kotak hitam pesawat MH370 yang umur baterainya tinggal beberapa hari lagi.

Pensiunan Kepala Angkatan Udara Australia, Marsekal Angus Houston, mengatakan, pencarian pesawat MH370 merupakan misi paling menantang dalam sepanjang sejarah insiden pesawat. ”Kenyataannya adalah itu merupakan pencarian dan operasi penyelamatan yang paling kompleks dan menantang yang pernah saya lihat,” katanya.

(Visited 68 times, 1 visits today)