Gabung ISIS, Inggris Resmi Cabut Kewarganegaraan Shamima Begum

0
96
Gabung ISIS, Inggris Resmi Cabut Kewarganegaraan Shamima Begum
Gabung ISIS, Inggris Resmi Cabut Kewarganegaraan Shamima Begum

Indolah.com – Gabung ISIS, Inggris Resmi Cabut Kewarganegaraan Shamima Begum, Inggris dilaporkan mencabut kewarganegaraan Shamima Begum, remaja yang kabur dari London untuk bergabung dengan ISIS di Suriah kira-kira lima tahun lalu.

Keluarga Begum memperoleh konfirmasi tentang pencabutan kewarganegaraan ini lewat sebuah surat yang di terima pada Selasa (19/2).

Dialamatkan kepada ibu Begum, surat itu berisi kutipan, “Berikut sejumlah dokumen yang terkait dengan ketetapan Menteri Dalam Negeri untuk mencabut kewarganegaraan Inggris putri Anda, Shamima Begum.”

Surat yang diterbitkan oleh ITV News itu berlanjut, “Berkaitan semua masalah putri Anda, pemberitahuan ketetapan Menteri Dalam Negeri telah diserahkan hari ini, serta perintah pencabutan kewarganegaraan Inggris ini telah berlaku.”

Sky News memberikan laporan jika keadaan ini begitu dimungkinkan sebab Begum mempunyai dua kewarganegaraan, yakni Inggris serta Bangladesh.

Tidak lama sesudah berita itu beredar, Menteri Dalam Negeri Inggris, Sajid Javid, menjelaskan kepada Reuters jika dia “tidak akan ragu” menahan pulangnya warga Inggris yang pernah memberi dukungan organisasi teroris di luar negeri.

Baca Juga : Sekeluarga Tewas, Jamaludin Sekap Anak dan Istri Lalu Membakar Diri

Kuasa hukum keluarga Begum, Mohammed T Akunjee, juga mengatakan kekecewaan sikap Javid itu.

“Kami mempertimbangkan semua cara legal untuk menentang ketetapan ini,” kata Akunjee lewat Twitter.

Awal mulanya, Akunjee menginformasikan jika Begum telah melahirkan seorang bayi laki-laki di Suriah pada minggu kemarin. Akan tetapi, dia menyayangkan keinginan Begum untuk kembali ke kampung halamannya belumlah terkabul sampai sekarang ini.

(Visited 30 times, 1 visits today)