Gedung Pencakar Langit Kayu Tertinggi di Dunia Siap Dibangun di Tokyo

0
400
Gedung Pencakar Langit Kayu Tertinggi di Dunia Siap Dibangun di Tokyo
Gedung Pencakar Langit Kayu Tertinggi di Dunia Siap Dibangun di Tokyo

Indolah.com – Gedung pencakar langit kayu tertinggi di dunia siap dibangun di Tokyo, Gedung seluas 1.148 kaki di pusat Kota Tokyo itu akan menjadi bangunan kayu tertinggi di dunia setelah selesai dibangun, yang diperkirakan pada tahun 2041.

Menara yang akan dikenal sebagai W350 – akan mengalahkan rekor bangunan kayu tertinggi di dunia saat ini, sepuluh kali lipat. Pemegang rekor saat ini adalah Brock Commons, sebuah bangunan setinggi 174 kaki di University of British Colombia, Vancouver.

Sementara itu, proyek gedung kayu tertinggi ini akan dibuat oleh Sumitomo Forestry, sebuah perusahaan Jepang yang khusus menangani produk kayu, untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-350 di tahun 2041 nanti. W350 diperkirakan akan memakan anggaran sebesar $5,6 miliar.

Baca Juga >>> Tebing Misterius di China Mengandung “Telur Batu” Setiap 30 Tahun

Gedung ini akan dibuat 90 persen dari bahan kayu. Kayu akan membungkus kerangka kontrol getaran baja, yang dirancang untuk menahan gempa kota.

Di dalam, pengunjung bangunan akan dikelilingi oleh kayu ringan dan balkon yang penuh dengan kehijauan. Sumimoto berharap bisa mengubah kota menjadi ” hutan” melalui peningkatan penggunaan arsitektur kayu untuk bangunan bertingkat tinggi, menurut sebuah pernyataan.

Sementara itu, Chicago sedang mempertimbangkan untuk membangun gedung pencakar langit 80 lantai – yang mungkin direalisasikan dalam 10 tahun ke depan.

Namun tinggi gedung pencakar langit kayu itu, tetap saja dibanding-bandingkan dengan bangunan tertinggi di dunia lainnya yang terbuat dari bahan baja.

Saat ini, bangunan tertinggi di dunia adalah Burj Khalifa di Dubai, yang mencapai 2.717 kaki. Ini telah menjadi bangunan tertinggi di dunia selama 10 tahun terakhir.

Pada tahun 2020, Menara Jeddah (saat ini sedang dibangun di Arab Saudi) diperkirakan akan menjadi gedung tertinggi di dunia. Strukturnya akan memiliki 167 lantai dan menara setinggi 3.307 kaki setelah rampung dibangun.

(Visited 58 times, 1 visits today)