Gua Rancang Kencana Akan Jadi Objek Wisata Sejarah Di Gunung Kidul

0
114
Gua Rancang Kencana Akan Jadi Objek Wisata Sejarah Di Gunung Kidul
Gua Rancang Kencana Akan Jadi Objek Wisata Sejarah Di Gunung Kidul

Indolah.comGua Rancang Kencana Akan Jadi Objek Wisata Sejarah Di Gunung Kidul. Pengelola Desa Wisata Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, juga akan meningkatkan Gua Rancang Kencana jadi satu diantara tempat wisata histori karna menurut riset telah sempat ditempati manusia mulai sejak 3000 tahun kemarin.

Ketua BUMDEs Desa Bleberan Tri Harjono di Gunung Kidul, Minggu, menyebutkan Gua Rancang Kencono terdiri dari tiga ruang paling utama, yaitu mulut gua, ruangan ke dua berluas tengah, serta ruangan ketiga yang lebih sempit.

“Di mulut gua yang ada banyak stalaktit serta stalakmit, disangka jadi tempat tinggal manusia kurun waktu yang cukup lama,” tuturnya.

Setelah itu, kata Tri Harjono, ruang kedua adalah ruang memiliki ukuran tengah sekitaran 3 x 3 meter. Ditempat ini konon sempat dipakai jadi tempat bersembunyi oleh prajurit Kerajaan Mataram Islam dari kejaran Belanda. Diluar itu ada bongkahan batu berupa seperti meja yang dipakai jadi tempat bersemedi.

Ruang paling akhir ada prasasti dibagian dinding goa bertuliskan isi janji prajurit. Janji prajurit yang tertulis dalam prasasti Prasetya Bhinnekaku ini diciptakan dengan latar warna hitam dengan tulisan berwarna putih serta lambang merah putih dibagian tengah.

“Penamaan Gua Rancang Kencana ini menurut legenda yang diakui kami, bermakna rancang berarti rencana, kencana bermakna emas. Dahulu menurut narasi turun temurun dahulu gua rancang dipakai kyai Putut Linggabawa, Kyai Sorengpati serta Kyai Kromowongso dari mataram untuk mengatur serangan ke Belanda, ” tuturnya.

Baca Juga : Liang Tembo, Destinasi Wisata Terunik Di Sitaro

Ia menyebutkan untuk nikmati keindahan gua serta air terjun Sri Getuk, pengunjung cukup membayar Rp15.000, telah bebas parkir serta toilet.

“Beberapa hasil retribusi dipakai untuk membayar retribusi pemkab, serta pengembangan lokasi wisata Sri Getuk. Kedepan, kami mengharapkan pengunjung dapat belajar histori di Gua Rancang Kencana,” tuturnya.

Sesaat Kepala Seksi Kepurbakalaan serta Permuseuman Bagian Pelestarian Warisan serta Nilai Budaya, Dinas Kebudayaan Gunung Kidul Winarsih menyebutkan gua ini sudah dipakai oleh manusia dari tiga jaman yang berlainan mulai jaman pra histori sampai manusia moderen.

“Gua ini telah ditempati mulai sejak 3000 tahun waktu lalu dengan temuan bukti tulang manusia oleh Arkeolog UGM,” tuturnya.

Dia menyebutkan Sebagian puluh tahun waktu lalu waktu warga temukan gua itu, diketemukan sebagian fosil tulang belulang manusia serta sebagian artefak batu berupa arca macan serta arca nandhi (sapi).

“Sekarang ini disimpan di Website Bleberan serta beberapa sekali lagi disimpan oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta,” tuturnya.

(Visited 25 times, 1 visits today)