Harga Beras hingga Telur Ayam di DKI Jakarta Naik 1-22,5 Persen Jelang Nataru 2023

0
66
Harga Beras hingga Telur Ayam di DKI Jakarta Naik 1-22,5 Persen Jelang Nataru 2023
Harga Beras hingga Telur Ayam di DKI Jakarta Naik 1-22,5 Persen Jelang Nataru 2023

Indolah.com – Harga Beras hingga Telur Ayam di DKI Jakarta Naik 1-22,5 Persen Jelang Nataru 2023. BPS merilis dari kelompok pengeluaran, bagan makanan mengalami deflasi sebesar 0,07% dengan andil dalam inflasi September 2016 sebesar -0,01%, Jakarta, Senin (3/10). Harga beras dan telur ayam terkoreksi turun.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati mengungkapkan, terjadi peningkatan harga pangan jelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kenaikan harga terjadi pada komoditi beras, telur ayam, cabe, bawang dan minyak goreng. Naiknya harga berkisar antara 1 persen hingga 22,5 persen dibandingkan dengan minggu pertama Desember 2022.

Melonjaknya harga disebabkan karena naiknya permintaan terhadap sejumlah kebutuhan pangan hingga menyentuh angka 12,72 persen menjelang perayaan Nataru 2023.

“Beberapa pangan strategis terpantau mengalami kenaikan harga disebabkan naiknya permintaan sebesar 0.76 persen sampai dengan 12.72 persen dibanding bulan November 2022,” kata Eliawati kepada, Minggu (18/12/2022).

Eliawati menjelaskan peningkatan kebutuhan tertinggi terjadi pada komoditas telur ayam sebesar 12,72 persen. Sedangkan peningkatan terendah terjadi pada bawang putih sebesar 0,76 persen.

Kendati terjadi peningkatan permintaan pangan yang menyebabkan naiknya harga, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan ketersediaan pangan di DKI Jakarta hingga awal 2023 aman dan cukup.

“Sehingga masyarakat tidak perlu panik dan khawatir,” kata Eliawati.

Adapun kesiapan Pemprov DKI Jakarta dalam menghadapi HBKN Nataru antara lain:

1. Melakukan pemantauan rutin dan kondisional terkait harga dan ketersediaan pangan, harga dan ketersediaan LPG 3 kilogram (kg).

2. Melaksanakan bazar pangan keliling di rumah susun, kantor walikota/kecamatan /kelurahan.

Minta Masyarakat Ikut Pantau

3. Penyediaan dan pendistribusian pangan subsidi bagi masyarakat tertentu dengan komoditas: beras, telur ayam ras, daging sapi, daging ayam ras, ikan kembung dan susu UHT

4. Melaksanakan pendistribusian Beras KPSH jenis Medium

5. Penyediaan bahan pangan dalam bentuk paket

6. Melakukan penjualan bahan pangan melalui e-commerce

7. Melaksanakan pengawasan mutu dan keamanan pangan di pasar tradisional, pasar modern, lokasi binaan dan pasar induk

8. Bekerja sama dengan Polda Metro Jaya terkait kegiatan pengawasan penyediaan serta pendistribusian pangan serta penegakan hukum terkait pelangggaran yang terjadi.

Eliawati menyampaikan masyarakat juga dapat memantau perkembangan harga pada sistem Info Pangan Jakarta dan Jak Pangan.

(Visited 14 times, 1 visits today)