Heboh Jenazah Saddam Hussein Terlihat Masih Utuh, Begini Faktanya

0
175
Heboh Jenazah Saddam Hussein Terlihat Masih Utuh, Begini Faktanya
Heboh Jenazah Saddam Hussein Terlihat Masih Utuh, Begini Faktanya

Indolah.com – Heboh Jenazah Saddam Hussein Terlihat Masih Utuh, Begini Faktanya, Video makam mantan Presiden Irak Saddam Hussein dibongkar viral di sosial media. Disebut-sebut jenazah Hussein tetaplah utuh walau telah 12 th. dikubur.

Di dalam video yang menyebar di Facebook, terdengar nada dari warga yang meneriakkan kalimat takbir serta tahlil. Jenazah Hussein dibawa didalam satu peti yang diatasnya dilapis dengan bendera Irak. Kemudian, peti di buka serta dipertunjukan muka Saddam Hussein yang ada banyak goresan luka di muka.

“Beberapa waktu lalu kuburan Saddam Husein di buka untuk di pindahkan ke desanya, tapi SUBHANALLAH mayatnya tetaplah utuh seperti baru dikuburkan walau umur meninggal dunianya udah berlalu -+ 12 tahun lamanya, bahkan juga saat berwajah disingkap darah beliau masih tetap tampak begitu fresh serta malah tercium darinya aroma wangi yang mengakibatkan beberapa orang berebutan menciumnya seraya memekikkan Takbir serta Tahlil yang senantiasa bergema sampai beliau dikuburkan kembali sesudah disholati oleh beberapa ratus para muslimin yang melihat prosesi perpindahan jasad beliau,” catat gambaran video yang mengedar.

Setelah dikilas balik, kabar itu ialah berita bohong (hoax). Video itu ialah peristiwa waktu Hussein akan dimakamkan sesudah tewas dihukum gantung pada Desember 2006 waktu lalu. Jenazahnya dibawa dari kota Baghdad menuju Tikrit.

Baca Juga : Kapal Dishub Meledak di Kepulauan Seribu, 9 Penumpang Terluka

Diambil dari artikel CNN yang dipublikasikan pada 31 Desember 2006, seseorang jurnalis CNN turut melihat waktu jenazah Hussein dibawa ke Tikrit oleh pesawat militer Amerika Serikat. Dia juga melihat segera upacara pemakaman yang dikunjungi keluarga serta kerabat Hussein.

Pemerintah Irak dengan resmi menyerahkan jasad Hussein pada Syeikh Ali al-Nida selesai dibawa oleh pesawat militer Amerika Serikat ke Tikrit. Sebelumnya dieksekusi, Hussein tampak kenakan mantel berwarna hitam. Dia dibawa oleh tiga orang algojo bertopeng ke satu ruang.

Kabar perihal jenazah Saddam Hussein mencuat kembali sesudah nampak artikel yang diterbitkan oleh beraneka media asing, satu diantaranya media Arab Saudi Al Arabiya pada minggu waktu lalu.

Ditulis dalam berita Al-Arabiya, makam Saddam Hussein terserang serangan udara Irak melawan ISIS. Setelah serangan, makam itu rusak serta terbuka. Ada kembali gosip yang memanggil anak Hussein, Hala ambil jenazah sang bapak serta dibawa ke Yordania.

“Hala tdk sempat kembali pada Irak. Jenazah itu dapat dibawa ke tempat rahasia. Tak ada yang tahu siapa yang merubahkannya atau dimana makam itu,” tutur seseorang sumber.

Disamping itu, Daily Monitor memanggil, kelompok koalisi Hashed al-Shaabi yang ditugaskan memelihara ruang sekitaran makam Saddam Hussein mengemukakan jenazah Hussein masih tetap ada ditempat awal mulanya.

“Jenazah (Saddam Hussein) masih tetap berada di sana,” tutur kepala keamanan ruang makam Saddam Hussein, Jaafar al-Gaharawi.

(Visited 16,446 times, 1 visits today)