Heru Budi Angkat Bicara soal Permintaan Jokowi Terkait Penanganan Sampah

0
67
Heru Budi Angkat Bicara soal Permintaan Jokowi Terkait Penanganan Sampah
Heru Budi Angkat Bicara soal Permintaan Jokowi Terkait Penanganan Sampah

Indolah.com – Heru Budi Angkat Bicara soal Permintaan Jokowi Terkait Penanganan Sampah. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan agar urusan sampah menjadi salah satu prioritas yang harus diselesaikan, yang menurutnya masih belum selesai.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono buka suara. Heru mengatakan, permasalahan sampah tidak hanya ada di Jakarta.

“Tidak hanya Jakarta saja kan. Seluruh Indonesia juga harus memperhatikan masalah sampah,” kata Heru saat ditemui di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022).

Selain itu, Heru juga mengunggulkan fasilitas pengolahan sampah Landfill Mining dan Refused Derived Fuel (RDF) Plant di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi.

“Ya kan kita sudah ada di Bantargebang, sudah ada sistem RDF,” jelas dia.

Sbeelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan agar urusan sampah menjadi salah satu prioritas yang harus diselesaikan. Pasalnya, sejak Jokowi menjabat sebagai Wali Kota Solo, urusan sampah tak kunjung selesai.

“Untuk awal menurut saya urusan sampah ini menjadi prioitas, saya pengalaman sejak Wali Kota sampai sekarang urusan sampah, belum pernah namanya beres,” kata Jokowi dalam acara Rakernas Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup di Jakarta, Rabu (21/12/2022).

“Mau membuat apa, insinerator aja urusannya yang namanya tipping fee sampe sekarang itu di Solo belum, sudah saya mulai awal dulu, berarti 20 tahun yang lalu sudah kita mulai sampai sekarang aja belum beres,” sambungnya.

Pengelolaan Sampah di Sunter

Jokowi mengatakan saat menjadi sebagai Gubernur DKI Jakarta, dirinya memulai pengelolaan sampah di Sunter. Namun, sayangnya program itu belum juga dimulai.

“Saya enggak tau apakah sudah ada yang jadi. Jadi Gubernur di DKI, Sunter itu kita mulai sampai saya tidak jadi gubernur, tandatangan pun saya belum, padahal sudah kita rencanakan, belum,” ujarnya.

Dia pun sempat bertanya soal realisasi proyek pengelolaan sampah ini kepada Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Jokowi mengaku senang apabila proyek ini sudah mulai berjalan.

“Saya enggak tahu sekarang apakah sudah (berjalan). 2023 hati-hati bisa mundur lagi, itu. Kalau sudah Pak, saya seneng. Tapi kalau masih 2023, saya masi sangsi, bukan karena Pak Heru ya. Sejak dulu kalau gitu memang,” ucap Jokowi.

(Visited 16 times, 1 visits today)