Hyundai Pony Saat Saya Masih Menjadi Desainer Muda Awal Karir

0
26

Indolah.com – Kami menyukai Hyundai N Vision 74. Anda menyukai Hyundai N Vision 74. Sekarang, Hyundai bekerja sama dengan desainer legendaris Giorgetto Giugiaro untuk menciptakan rekreasi sempurna dari mobil yang menginspirasinya, Konsep Hyundai Pony Coupe yang sekarang ikonik ditampilkan pada tahun 1974 Pameran Motor Turin.

“Saya sangat senang desainer pertama Hyundai akan kembali ke rumah,” kata kepala kreatif Hyundai Motor Group Luc Donckerwolke, “karena tanpa Giorgetto, saya tidak akan berada di sini. Dan saya bangga menunjukkan apa yang telah dilakukan Hyundai dengan modal yang dia berikan kepada kami 50 tahun yang lalu.”

‚ÄúPony dan Pony Coupe Concept rancangan Giugiaro adalah salah satu kreasi langka yang memengaruhi desain tidak hanya satu tetapi beberapa produksi dan kendaraan konsep termasuk SUV MotorTrend of the Year 2023 kami, Ioniq 5, [dan juga] N Vision 74,” kata wakil presiden eksekutif desain Hyundai Ssangyup Lee. “Dan karena mobil konsep aslinya sudah tidak ada lagi, kami menugaskan Giorgetto untuk membangunnya kembali.”

Hatchback Pony penggerak belakang tiga pintu dan lima pintu rancangan Giugiaro diproduksi dari tahun 1975 hingga 1990 dan merupakan Hyundai pertama yang diekspor dari Korea. Mereka dibangun menggunakan campuran perangkat keras Ford dan Mitsubishi, dan Konsep Pony Coupe yang lebih sporty adalah satu kali, dibuat oleh Giugiaro tetapi tidak pernah diproduksi. Hyundai kehilangan jejak mobil bertahun-tahun yang lalu.

“Ini adalah negara di mana hanya hari esok yang diperhitungkan,” kata Donckerwolke, menjelaskan mengapa Hyundai tidak lagi memiliki Konsep Pony Coupe dan selama bertahun-tahun tidak peduli untuk mempertahankan mobil yang desainnya kemudian memengaruhi, antara lain, DeLorean DMC12 asli. Namun di bawah Donckerwolke dan Lee, Hyundai kini mulai mengeksplorasi warisan desainnya. “Sekarang kami membuka pintu ke masa lalu, untuk membangun 50 tahun ke depan.”

Konsep Pony Coupe yang dibuat ulang akan otentik dalam setiap detailnya, kata Ssangyup Lee. Dia mengatakan itu bisa menginspirasi restomod bertenaga listrik edisi terbatas Pony Coupe di sepanjang garis sedan Heritage Series Grandeur EV yang diluncurkan di LA Show 2021, yang pertama baru saja dikirim ke pelanggan di Korea.

Giugiaro mengatakan hubungannya dengan Hyundai dimulai setelah pendiri Hyundai Ju-Yong Chung melihat di Frankfurt Show 1973 konsep Asso di Picche yang dibuat oleh desainer Italia untuk Audi dan Karmann. Giugiaro mengatakan dia mengira Chung hanyalah seorang pengusaha kaya yang menginginkan mobil serupa dibuat sebagai satu-satunya. Dia tidak tahu ambisi Chung adalah untuk meluncurkan model pertama yang dirancang secara independen oleh Hyundai dan mobil produksi massal buatan dalam negeri pertama di Korea.

“Lima puluh tahun yang lalu, Korea sangat berbeda,” kata Giorgetto Giugiaro di Seoul setelah kunjungan ke operasi manufaktur raksasa Hyundai di Ulsan, pabrik mobil terbesar di dunia, seluas lebih dari 1.200 hektar dan mampu memproduksi lebih dari 1,6 juta kendaraan setiap tahun. . Dia terakhir berada di Ulsan pada tahun 1973, setelah ketua Chung ingin meyakinkannya saat itu

Baca Juga : Giugiaro Mengatakan Dia Diterbangkan Ke Pabrik Dengan Helikopter Militer

untuk melihat di mana Hyundai sedang merakit sedan Cortina untuk Ford Motor Company. “Ketika saya melihat mereka juga telah membangun setengah kapal, saya pikir jika mereka bisa melakukan itu, mereka bisa mengambil langkah selanjutnya dengan mobil baru.” Yakin, Giugiaro menerima komisi untuk merancang, membuat cetak biru, dan membangun lima prototipe, salah satunya adalah coupe dua pintu.

Pekerjaan dimulai pada bulan November 1973, dan konsep hatchback dan Coupe Pony terungkap di Pertunjukan Turin pada bulan April berikutnya. Pintu palka Pony tiga dan lima pintu mulai diproduksi pada tahun 1975. Bahkan menurut standar sekarang, itu adalah siklus pengembangan yang sangat cepat. Pony Coupe ditujukan untuk pasar Amerika Utara dan Eropa, tetapi proyek tersebut dihentikan pada tahun 1981 di tengah resesi terburuk sejak Perang Dunia II, yang dipicu oleh revolusi di Iran pada tahun 1979 dan krisis minyak berikutnya.

“Saya mendesain Hyundai Pony saat saya masih menjadi desainer muda di awal karir saya,” kata Giugiaro. “Saya merasa sangat bangga bertanggung jawab menciptakan kendaraan untuk perusahaan yang akan memasuki pasar global yang sangat kompetitif. Sekarang. Saya sangat tersanjung bahwa Hyundai telah meminta saya membangunnya kembali untuk anak cucu dan sebagai perayaan dari warisan merek.”

Fakta menyenangkan: Saat makan malam di Seoul, Giugiaro mengungkapkan bahwa pembuatan poni poni dan prototipe poni coupe yang dibuat tepat waktu untuk Turin Show 1974 menyebabkan sakit kepala besar bagi salah satu kliennya yang lain, Volkswagen. Dia telah selesai mendesain hatchback berpenggerak depan kecil ikonik yang akan diresmikan pada Mei 1974, sebuah mobil yang dikenal dan dicintai dunia sebagai Golf. Kecuali itu bukan nama aslinya. Itu akan disebut Volkswagen Pony. “Saya masih memiliki lencana Volkswagen Pony,” Giugiaro terkekeh.

Rekreasi Pony Coupe dijadwalkan akan diresmikan Mei mendatang, yang memberi Giugiaro waktu yang sama untuk menyelesaikannya seperti yang dia lakukan untuk aslinya tahun 1974. Kami tidak sabar untuk melihatnya.

(Visited 1 times, 1 visits today)