Inilah 10 Fakta Unik Tentang Hari Natal Yang Harus Diketahui

0
142

Inilah 10 Fakta Unik Tentang Hari Natal Yang Harus Diketahui

Indolah.comInilah 10 Fakta Unik Tentang Hari Natal Yang Harus Diketahui. Hari natal atau perayaan natal ialah hari besar agama Kristen untuk menyongsong kelahiran Yesus Kristus yang tetap diperingati setiap tahun sekali di semua dunia. Sebab jaraknya yang sangat jauh beberapa ribu tahun waktu lalu, ada beberapa kebiasaan dan fakta-fakta unik mengenai hari natal yang belum pasti kamu kenali awal mulanya.

1. Jumlah Orang Majus Tidak Disebutkan di Dalam Alkitab

Banyak kisah, jika orang Majus yang berkunjung ke bayi yesus sejumlah tiga orang, perihal ini berdasar pada jumlahnya hadiah (emas, mur, serta kemenyan) yang dikasihkan pada orangtua Yesus. Walau sebenarnya, di Alkitab tidak diterangkan jumlahnya, type kelamin ataupun beberapa nama orang Majus yang berkunjung ke bayi Yesus di kandang tempat Yesus dilahirkan.

Nah, itu barusan fakta-fakta menarik sekitar hari natal. Di pada sebuah agama pasti miliki kebiasaan semasing dalam menjalankan perayaan keagamaan. Walopun miliki langkah sendiri dalam lakukan kebiasaan keagamaan, bukan bermakna mesti sama-sama menghakimi keduanya.

2. Lagu Natal Dengan Penjualan Terbanyak Sepanjang Waktu

Lagu yang begitu popular yang dinyanyikan waktu natal ialah lagu “White Christmas” yang dibuat oleh seseorang Yahudi dari Rusia bernama Israel Isidore Beiline yang lebih diketahui Irving Berlin. Ada yang memiliki pendapat, jika lagu White Christmas dibuat tahun 1928 untuk kembali kenang kematian putranya yang masih tetap bayi wafat pas dihari natal tanggal 25 Desember 1928. Tahun 2007, lagu “white Christmas” yang dinyanyikan Bing Crosby terdaftar di Guinness Book of World Records menjadi ‘single ‘ terlaris di dunia selama hidup. Sampai sekarang ini lagu “White Christmas” telah terjual lebih dari 50 juta ‘copy’.

3. Christmas Truce Yang Berlangsung Waktu perang Dunia Pertama

Perayaan natal ikut jadi peristiwa mengharukan. Natal dapat bisa jadi peristiwa perdamaian meskipun waktu itu berlangsung perang dunia pertama pada Jerman serta Sekutu. 5 bulan semenjak awal Perang Dunia Pertama diawali tahun 1914 tidak ada kata ampun untuk sama-sama membunuh. Eh, waktu natal semua pasukan baik dari tentara Jerman ataupun sekutu keluar dari parit untuk rayakan natal bersama-sama dan sama-sama bertukar hadiah serta bahkan juga bermain sepak bola bareng. Yang mulai duluan dari pasukan Jerman lalu diterima pasukan Inggris dari sekutu.

Karena itu, sampai sekarang diketahui menjadi perdamaian natal atau Christmas Truce (Gencatan Senjata di hari natal) yang sudah membawa peristiwa perdamaian di tengah kecamuk perang. Meskipun saat itu Gencatan Senjata dikerjakan dengan spontan serta sporadis.

4. Hadiah Natal Terbesar Sepanjang Riwayat

Hadiah natal paling besar selama riwayat sampai sekarang belumlah teratasi yakni hadiah natal Patung Liberty dengan berat 225 ton serta tinggi 46,5 meter yang dikasihkan Perancis pada Amerika pada tahun 1886. Perancis ikut sampai sekarang jadi pemberi hadiah natal paling besar selama riwayat.

Baca juga : Inilah 5 Fakta Unik Tentang Situ Gunung Suspension Bridge di Indonesia

5. Lampu Pohon Natal Pertama Kali Ditemukan Oleh Rekan Thomas Edison

Dulunya, lampu-lampu di pohon natal terbuat dari lilin. Akan tetapi pada 1882, rekanan usaha Thomas Alfa Edison yakni Edward Hibberd Johnson miliki inspirasi yang cemerlang. Sinar pohon natal yang dulunya dari lilin disulap Edward Johnson dengan lampu bohlam. Awalannya, Edward Johnson melilitkan 80 lampu bohlam berwarna merah, putih, serta biru yang sudah dirangkai dengan kabel pada pohon cemara. Maklum saja, Edward Johnson yang dipandang seperti “Bapak Pohon Natal Berlampu”.

6. Pohon Natal Pertama Kali Dimulai Oleh Saint Boniface

Tiap-tiap natal hampir tidak sempat terlepas dari pohon natal menjadi ornament masing-masing rumah ataupun gereja. Awalannya nih ya, cocok malam perayaan natal pada era ke-7 seseorang biarawan yang bernama Saint Boniface berani menebang pohon yang dikeramatkan untuk sesembahan pada Dewa Thor, menjadi bukti jika Dewa itu tidak ada. Yang disisain hanya pohon cemara menjadi simbol keabadian. Hingga masyarakat ditempat membawa pulang pohon cemara ke tempat tinggalnya semasing untuk diletakkan di tempat tinggalnya serta dahan-dahannya dipasangin lilin. Seputar era ke-15, Martin Luther mempopulerkan kebiasaan pohon natal waktu perayaan natal.

7. Perangko Natal Pertama Kali Dikeluarkan di Kanada

Saat perayaan, ada ikut kebiasaan mengirim kartu Natal ke kerabat, saudara, dan lain-lain. Nyatanya, perangko natal pertama-tama dikeluarkan di kanada tahun 1898. Penampilan perangko natal saat itu pada bagian atas ada tulisan CANADA POSTAGE yang mengapit seperti mahkota dan peta dunia, pada bagian bawah ada tulisan “XMAS 1898” serta “WE HOLD A VASTER EMPIRE THAN HAS BEEN”.

8. Natal Juga Biasanya Diucapkan Xmas

Natal atau Christmas ikut dimaksud Xmas lho, awalannya mah banyak yang geram, karenanya satu penghinaan pada Kristus (Christos), terpenting beberapa orang Kristen. Tetapi menyingkat Christmas jadi Xmas bukan tiada fakta. Dalam bahasa Yunani huruf “X” ialah huruf pertama dalam nama Kristus (Christos), yakni Χριστ? Σ.

9. Santa Claus Tidak Hadir Pada Saat Natal

Perayaan natal disetiap negara tentu berlainan kan, bergantung kebiasaan semasing. Kebiasaan perayaan natal di Yunani ini pula tidak kalah unik. Perayaan natal sich sama saja dikerjakan pada 25 Desember. Uniknya, malah Santa Claus bagi-bagi hadiah natal pada tahun baru tidak cocok di hari natal itu.

10. Gak Ada Tanggal Yang Tentu Kapan Yesus Kristus Dilahirkan

Perayaan natal yang jatuh pada 25 Desember pertama-tama dirayakan pada saat Paus Julius I yang memerintah umatnya untuk rayakan hari Natal pada tanggal 25 Desember sesudah tahun 440 M. Sebab di Alkitab sendiri tidak terangkan dengan tentu kapan Yesus Kristus dilahirkan.

(Visited 33 times, 1 visits today)