Inilah 10 Stasiun Kereta Yang Berkonsep Visual di Dunia

0
54

Inilah 10 Stasiun Kereta Yang Berkonsep Visual di Dunia

Indolah.comInilah 10 Stasiun Kereta Yang Berkonsep Visual di Dunia. Stasiun adalah sarana transportasi yang dipakai di beberapa belahan dunia. Masyarakat sana memakainya supaya terlepas dari kemacetan. Walaupun demikian, stasiun mempunyai beberapa masalah salah satunya ialah riskan jambret serta sarang tikus. Fakta berikut yang membuat stasiun jadi tampat yang kurang nyaman.

Untuk bikin pemakai terasa nyaman kembali, pengelola memberikan suguhan visual. Diantaranya dengan memberikan design mural dan ornamen-ornamen yang mempunyai nilai estetika.

1. Toledo Station

Stasiun Toledo adalah stasiun jika tanah yang berada di kota Naples, Italia. Terdapat 50 mtr. di bawah tanah, stasiun ini ada lampu yang memproyeksikan dari stasiun tersebut.

Seniman bernama Robert Wilson serta Oscar Tusquets, arsitek asal Spanyol mendesain stasuin ini dengan panel sinar yang fungsinya membuat pejalan kali seakan-akan berjalan di planet lainnya.

2. Komsomolskaya Station

Stasiun Komsomolskaya terdapat di Komsomolskaya Square pada Koltsevaya Line yang dihimpit staisun bawah tanah Prospekt Mira serta Kurskaya, Moskow, Rusia. Stasiun ini dibuka untuk publik pada tanggal 30 Januari 1952.

Didesain oleh Dmitry Chechulin, stasiun ini mempunyai keindahan original neoklasik. Pengunjung yang hadir dimanjakan oleh langit-langit serta lampu gantung dengan mozaik perang yang populer. Untuk beberapa peluang, stasiun ini dapat digunakan untuk ruangan dansa.

3. Khalid Bin Al Waleed/BurJuman Station

Stasiun Khalid Bin Al Waleed adalah nama yang disematkan pertama-tama pada tanggal 9 September 2009. Tapi pada tanggal 30 December 2012 bertukar nama jadi Stasiun BurJuman.

Stasiun ini berada di Dubai, persisnya terdapat dibawah pusat belanja BurJuman. Dengan spesifik dibawah persimpangan Jalan Sheikh Khalifa Bin Zayed serta Jalan Khalid Bin Al Waleed.

Memanifestasikan dengan menggunakan topik samudra dalam lampu gantung yang di inspirasi ubur-ubur, bersinar biru serta di seberang stasiun tampilkan penyelam mutiara dengan perlengkapan tradisionil.

4. Atocha Train Station

Stasiun ini adalah salah satunya stasiun terpanjang di Spanyol. Berada di Madrid, membuat stasiun ini jadi tempat yang menarik untuk didatangi. Uniknya stasiun ini ialah mempunyai banyak ruangan bermain kreatif. Diluar itu, pun ada ornament berbentuk tanaman ciri khas daerah tropis.

Sebatas info, stasiun ini dibuka pada tahun 1892. Sampai apda tahun 1992, beberapa jalan kereta dibongkar yang saat ini jadi tempat tanaman tropis itu.

Baca Juga : Inilah 10 Destinasi Wisata Paling Hits dan Terbaru di Cianjur

5. Rådhuset

Rådhuset adalah stasiun transit paling cepat di Kungsholmen, Stockholm serta adalah sisi dari stasiun Stockholm. Mulai dibuka untuk publik pada tanggal 31 Agustus 1975, stasiun ini ialah salah satunya stasiun yang ikonik dalam dunia.

Stasiun ini menggunakan arsitektur organik, yang berefek batuan basic terbuka serta tidak terpahat. Seakan-akan seperti gua yang tercipta alami. Ditambah lagi cat merah tua yang kontras dengan warna netral di seputar stasiun. Menggabungkan dengan batuan basic jadi meningkatkan kesan-kesan menegangkan.

6. Mayakovskaya

Kota Moskow pun mempunyai stasiun bawah tanah elegan yang lain. Mayakovskaya dibuka pada tanggal 11 September 1938. Terdapat 33 mtr. di bawah permukaan tanah, tempat ini jadi tempat penampungan saat Perang Dunia II. Joseph Stalin tinggal sesaat di stasiun ini selama saat perang.

Stasiun ini dihiasi dengan marmer, stainless steel, serta lampu yang tersembunyi dalam relung oval langit-langit dengan panel kecil yang disebut hasil perancangan Aleksandr Deyneka.

Stasiun Mayakovskaya jadi salah satunya warisan budaya di Moskow yang mempunyai signifikasi regional. Dan mendapatkan penghargaan Grand Prix di Pameran Dunia di New York pada tahun 1939.

7. Kungsträdgården

Stasiun yang berada di Stockholm, Swedia ini pula memakai batuan menjadi design. Mulai beroperasi pada tanggal 30 Oktober 1977 serta ada pada kedalaman 34 mtr. dari permukaan. Yang menarik dari stasiun ini ialah dulunya adalah sisa lokasi situs Istana Makalös.

Yang menarik dari Kungsträdgården ialah ditemukannya laba-laba dengan nama latin Lessertia dentichelis. Laba-laba ini telah ada semenjak pembangungan stasiun pada tahun 1970. Tidak hanya laba-laba, ilmuwan temukan jamur dengan susunan DNA yang unik.

8. Wesfriedhof Station

Ingo Maurer mendesain stasiun Wesfriedhof jadi suatu yang mirip film fiksi ilmiah tahun 90-an. Saat menginjakan kaki, nuansa remang-remang tetapi penuh warna menyelimutinya stasiun itu.

Stasiun yang berada di Munich, Jerman ini mempunyai 11 lampu cekung besar dengan warna oranye, sedang sisi lainnya stasiun menyeluarkan aura kebiruan. Pada tanggal 24 Mei 1998 mulai dibka untuk publik.

9. Grand Central Terminal

Grand Central Terminal ialah salah satunya stasiun dengan beberapa ribu pengunjung tiap-tiap tahunnya. Stasiun ini mendapatkan rekor dunia menjadi stasiun dengan jumlahnya basis paling banyak yakni 45 basis.

Grand Central berada di New York telah berulang-kali ubah kepemilikan, sampai saat ini jadi punya Midtown Trackage Ventures, perusahaan swasta yang berada di New York.

Walaupun tidak ada ciri yang menonjol, akan tetapi stasiun ini mempunyai nilai riwayat yang tinggi serta dipakai untuk tempat syuting beberapa film hollywood. Men In Black II, I Am Legend serta The Avengers ialah beberapa film yang menggunakan latar stasiun ini.

10. Central Park Station

Stasiun Central Park menggabungkan alam dengan design moderen yang memberi sensasi pengalaman ada di alam terbuka. Stasiun ini terdapat di Kaohsiung, Taiwan. Mulai beroperasi unutk publik pada 9 Maret 2008.

Richard Rogers, sebagai arsitek membuat stasiun bawah tanah dengan memberikan rumput serta bunga bikinan berbasiskan artificial yang melapisi tangga serta eskalator, yang mempunyai tujuan untuk membuat situasi cerah.

Walaupun stasiun dibuat untuk transportasi, bukan bermakna meremehkan bagian estetika. Arsitek membuat perancangan yang menarik supaya beberapa orang yang berkunjung ke stasiun serta menggunakna transportasi publik.

(Visited 10 times, 1 visits today)