Inilah 15 Destinasi Wisata Yang Populer di Kota Palembang

0
140

Inilah 15 Destinasi Wisata Yang Populer di Kota Palembang

Indolah.comInilah 15 Destinasi Wisata Yang Populer di Kota Palembang. Palembang ialah salah satu tempat wisata terlaris di Pulau Sumatera. Tidak hanya banyak wisata alam yang dapat kamu datangi, di Palembang banyak juga obyek wisata religi serta obyek wisata bersejarah. Soalnya, Palembang miliki banyak tempat sebagai saksi penjajahan Belanda, kehadiran masyarakat Tionghoa, serta penyebaran agama Islam di Indonesia. Nah, Inilah 15 Destinasi Wisata Yang Populer di Kota Palembang!

1. JEMBATAN AMPERA DAN SUNGAI MUSI

Awalnya, Jembatan Ampera yang mempunyai panjang 1.177 meter dan lebar 22 meter ini diberi nama Jembatan Bung Karno. Pemberian nama itu diperuntukkan menjadi bentuk penghargaan pada Soekarno yang telah memperjuangkan kemauan masyarakat Palembang yang inginkan satu jembatan diatas Sungai Musi. Akan tetapi, Bung Karno tidak sepakat dengan pemberian nama itu. Makan, jembatan itu diberi nama Jembatan Ampera, sesuai dengan fungsinya yakni menjadi Amanat penderitaan Rakyat (jargon bangsa Indonesia tahun 1960-an).

Sungai Musi sendiri ialah sungai terpanjang di Sumatera yang membelah Palembang jadi dua sisi. Dulunya Sungai Musi ialah fasilitas transportasi penting. Di tepiannya, ada banyak object wisata, seperti Restoran Terapung, Benteng Kuto Besak, Kampung Arab, dan sebagainya.

50 mtr. dari Jembatan Ampera, ada Pasar Sekanak yang disebut pusat makanan serta souvenir, dimana kamu dapat kulineran serta beli oleh-oleh. Pasar itu adalah pasar semi moderen serta tradisionil. Tidak cuma untuk berjualan makanan serta souvenir, tetapi Pasar Sekanak pun membuat pementasan seni serta budaya dengan teratur. Pasar Sekanak sendiri telah dipandang seperti Kota Tua di Palembang.

2. BUKIT SIGUNTANG

Bukit Siguntang adalah bukit kecil dengan tinggi kira-kira 30 meter dari permukaan laut serta terdapat seputar 3 km dari Sungai Musi sisi utara. Saat waktu Kerajaan Sriwijaya, Bukit Siguntang diketahui menjadi tempat melaksanakan ibadah untuk umat Buddha, pun tempat bertapa supaya pikiran tenang. Itu tampak dari arca memiliki ukuran besar disana. Sampai sekarang ini, Bukit Situnggang masih tetap dipandang sakral oleh masyarakat ditempat. Ada banyak pengunjung yang hadir kesana untuk berziarah ke makam-makam bangsawan Palembang.

3. MASJID CHENG HO

Awalannya, Masjid Cheng Ho dibuat untuk mengawasi jalinan baik pada masyarakat Palembang serta masyarakat Tionghoa. Pun untuk memperdalam agama Islam, sekaligus juga memperkenalkannya pada penduduk. Nama Cheng Ho dipakai, soalnya Cheng Ho ialah panglima angkatan laut asal Tiongkok semenjak era 15. Awalnya, Cheng Ho lakukan ekspedisi perdagangan, tetapi dengan tidak langsung beliau pun mengenalkan agama Islam di lokasi yang dia kunjungi. Pengikutnya juga banyak sekali.

4. PULAU KEMARO

Pulau legendaris yang satu ini terdapat di dalam Sungai Musi. Di Pulau Kemaro ada satu kelenteng yang seringkali didatangi oleh umat Buddha untuk sembahyang serta berziarah. Soalnya, disana ada makam seseorang Putri Palembang, putri yang menikah dengan pangeran dari China. Sang pangeran yang terbenam terlebih dulu ke sungai, pada akhirnya disusul oleh sang putri. di Pulau Kemaro pun ada pagoda dengan sembilan lantai yang baru dibuat tahun 2006, pun pohon cinta. Tuturnya, bila kamu serta pacar mengukir nama kalian di pohon itu, jalinan kalian akan bersambung di pelaminan.

5. BENTENG KUTO BESAK

Benteng yang berada persis di pinggir Sungai Musi ini bukan bangunan biasa. Sebab Benteng Kuto Besak telah berusia beberapa ratus tahun. Saat malam datang, umumnya Benteng Kuto Besak di ramaikan oleh pedagang pasar malam yang menyediakan bermacam kuliner yang enak-enak, diantaranya pempek. Ada juga beberapa jenis jajanan kaki lima yang tidak kalah lezat. Akan lebih asik, bila kamu makan malam diatas kapal restoran terapung. Situasi malam semakin berasa hangat sebab ada jejeran lampu taman dengan refleksi warna kuning dari permukaan sungai.

6. MASJID AGUNG SULTAN MAHMUD BADARUDDIN

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin yang dibangun oleh Sultan Mahmud Badaruddin I ini di pengaruhi oleh tiga kebudayaan, yakni Indonesia, Eropa, serta China. Style arsitektur Eropanya tampak dari pintu gerbang masjid yang besar serta kuat. Style arsitektur China tampak dari atapnya yang serupa kelenteng serta ujung menaranya berupa kerucut seperti tumpeng.

Di nusantara, tumpeng mempunyai arti jalinan manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam, serta manusia dengan sama-sama manusia. Masjid ini adalah salah satunya peninggalan sultan, jadi tidak bingung bila Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin jadikan menjadi salah satunya masjid nasional, dan cagar budaya di Palembang.

7. TAMAN KAMBANG IWAK

Awalannya Taman Kambang Iwak dibuat untuk beberapa keturunan Belanda menjadi tempat berolahraga. Taman Kambang Iwak pun mempunyai danau dibagian tengahnya yang berperan menjadi penghias taman, pun untuk menyimpan air hujan, hingga dapat mencegah banjir. Taman dengan luas 5 ha ini semakin hari selalu diperbarui dengan beberapa sarana, yakni taman bermain anak, sarana hotspot gratis buat yang ingin terhubung internet, keran air yang langsung bisa diminum, serta tempat bersantai sekalian nikmati keindahan taman.

Baca juga : Inilah 5 Pesona Wave Rock Yang Indah dan Menakjubkan di Australia

8. GUNUNG DEMPO

Gunung Dempo yang mempunyai ketinggian kira-kira 3.159 mdpl menyediakan panorama yang begitu indah dengan kebun teh berhektar-hektar. Uniknya, kawahnya dapat beralih warna setiap saat, terkadang putih, biru, atau hijau. Di dekat Gunung Dempo ada Kampung Ampat, yakni desa yang umumnya masyarakatnya datang dari suku Jawa. Mereka pun memakai bahasa Jawa. Tidak bingung bila tempat itu jadi arah transmigrasi penduduk Jawa.

9. AIR TERJUN LEMATANG INDAH

Dengan ketinggian 40 meter, Air Terjun Lematang Indah jadi salah satunya object wisata alam andalan di Sumatera. Obyek wisata ini begitu gampang dijangkau, soalnya berada di pinggir Kota Pagar Alam, persisnya ada diantara Kota Lahat serta Kota Pagar Alam. Keindahan pemandangan di Air Terjun Lematang Indah begitu memesona dengan jalanan berliku-liku serta tikungan yang tajam. Untuk sampai basic Air Terjun Lematang Indah, ada tangga yang dapat dipakai untuk naik serta turun. Di samping kiri serta kanan tangga turun ada banyak tempat duduk untuk istirahat serta warung untuk mengganjal perut.

10. TAMAN HUTAN WISATA PUNTI KAYU

Ingin main-main ke rimba? Bertandang saja ke Taman Rimba Wisata Punti Kayu yang disebut hanya satu rimba wisata di Palembang. Dengan luas seputar 50 ha, Taman Rimba Wisata mempunyai banyak sarana yang akan menghibur kamu sekeluarga. Pun dibarengi dengan kebun binatang serta penangkaran buaya. Kamu dapat berenang. piknik, main di taman, naik perahu, atau lihat atraksi gajah, sekaligus juga menunggang kuda.

11. KAMPUNG KAPITAN

Kampung Kapitan adalah salah satunya lokasi yang berharga riwayat tinggi. Sebab, kampung ini adalah tempat kali pertamanya masyarakat Tionghoa tinggal di Palembang waktu kota itu masih juga dalam jajahan Belanda. Sekarang, Kampung Kapitan jadikan menjadi object wisata. Nilai seni serta budaya di Kampung Kapitan terdapat pada susunan bangunan rumah disana. Rumah di lokasi Kampung Kapitan memiliki kandungan dua dampak budaya, yaitu budaya Tionghoa serta budaya Palembang. Budaya Tionghoa dapat disaksikan dari sisi di rumah serta sisi teras rumah. Sedang budaya Palembang tampak dari bangunan rumah yang mirip limas serta ada tiang yang menyokong berdirinya rumah.

12. AIR TERJUN BIDADARI

Untuk dapat sampai Air Terjun Bidadari, kamu dapat naik kendaraan bermotor saat 15 menit dari Kota Lahat. Setelah tiba di Desa Karang, kamu mesti meneruskan perjalanan dengan jalan kaki melewati kebun kopi, lantas masuk ke rimba saat 30 menit. Ada dua pilihan jalan yang dapat kamu tempuh, yakni kamu langsung bisa ke arah air terjun pertama atau kamu dapat telusuri air terjun dari bawah.

Dengan ketinggian 30 meter, keindahan Air Terjun Bidadari dapat menghipnotis beberapa wisawatan. Di pinggirnya ditumbuhi pohon-pohon teduh yang membuat satu goa, hingga membuat suasananya semakin teduh, ditambah lagi banyak burung serta kupu-kupu beterbangan disana. Akar pohon-pohon disana menggantung di pinggir sungai dengan indahnya. Tidak hanya pohon mahoni, tumbuh pun pohon bambu.

13. AIR TERJUN MAUNG

Air Terjun Maung ialah satu diantara 76 air terjun di Kabupaten lahat. Air Terjun Maung mempunyai tinggi hampir 80 meter. Walau ramai akan pengunjung, akan tetapi air terjun ini masih tetap tampak eksotik. Selama 80 meter saluran air itu terdiri oleh dinding jurang serta rumput yang hijau. Itu yang membuat terlihat indah, sekaligus juga berlainan dari air terjun yang lain. Di samping kanan Air Terjun Maung ada dua air terjun kembar yang mengalir deras.

14. MONUMEN PERJUANGAN RAKYAT PALEMBANG

Monumen Perjuangan Rakyat Palembang adalah monumen yang menaruh beberapa narasi, deskripsi, serta perlengkapan yang digunakan waktu Perang Lima Hari Lima Malam di Palembang, dimana perang itu menyertakan semua rakyat untuk menantang penjajah. Monumen ini berdiri kuat di pusat kota serta tidak jauh dari Jembatan Ampera. Obyek wisata ini pas sekali buat kamu yang menyukai belajar riwayat.

15. GELORA SRIWIJAYA

Gelora Sriwijaya adalah kebanggan masyarakat Palembang sebab erupakan stadiun multifungsi paling besar ke-3 di Indonesia. Stadiun ini seringkali dipakai oleh Sriwijaya FC menjadi markas serta tempat tanding sepak bola. Banyak pula acara yang telah dikerjakan disana sebab tempatnya begitu luas, yakni dapat menyimpan kira-kira 40 ribu orang. Gelora Sriwijaya pun diperlengkapi dengan sarana senam, kolam renang, serta landas picu balap sepeda.

(Visited 28 times, 1 visits today)