Inilah 15 Fakta Unik Tentang Bulan Yang Harus Diketahui

0
486

Inilah 15 Fakta Unik Tentang Bulan Yang Harus Diketahui

Indolah.comInilah 15 Fakta Unik Tentang Bulan Yang Harus Diketahui. Bulan merupakan tetangga langit paling dekat pun hanya satu satelit alami bumi. Sesudah Neil Armstrong, banyak astronot yang lain sudah datang di bulan, tapi terdapat beberapa bukti menarik yang belumlah didapati oleh banyak orang. Mari kita menelusuri beberapa bukti menarik mengenai bulan.

1. Bulan menenciptakan dampak hipotesis besar

Sesudah pendaratan sukses Apollo di Bulan, beberapa astronot membawa beberapa batu dari Bulan ke Bumi. Studi mengenai batu ini mengakibatkan pembentukan teori penciptaan bulan atau diketahui menjadi Big Whack atau Efek Raksasa. Menurut teori, Bulan dibuat oleh satu bentrokan keras pada Bumi dengan objek yang seukuran Mars. Tabrakan ini membuat puing-puing dari kedua objek terlepas serta mulai melingkari Bumi. Seiring berjalannya waktu berlalu puing-puing itu mendingin serta bergabung yang pada akhirnya membuat bulan.

2. Diameter Bulan

Diameter Bulan yaitu 3.476 kilometer atau kira-kira saman dengan jarak pada Los Angeles ke New York! Diameter bulan bumi cuma seperempat dari diameter Bumi.

3. Bulan tidak bundar

Saat kita lihat bulan purnama yang jelas di langit malam, bulan nampaknya jadi satu benda berebentuk lingkaran atau bundar yang begitu mengagumkan. Akan tetapi dalam sebenarnya bulan tidak bundar. Bulan berupa oval seperti telur! Serta, pusat geometris bulan tidak ada pada pusat massa. pusat bulan massa terdapat seputar 1,2 mil jauhnya dari pusat massa.

4. Satelit paling besar ke-5

Sampai saat ini telah seputar 182 satelit planet sudah diketemukan di tata surya kita serta diantara mereka bulan bumi ialah satelit planet paling besar ke-5. Mungkinkah ini satu kebetulan jika nyatanya Bumi pun ialah planet paling besar ke-5 di tata surya serta bulan ialah satelit paling besar ke-5?

5. Bulan kami mempunyai gunung

Seperti bumi, bulan pun mempunyai pegunungan. Gunung paling tinggi di bulan ialah Gunung Huygens serta mempunyai tinggi seputar 4700 mtr. yang cuma setengahnya dari puncak paling tinggi di bumi, Gunung Everest.

6. Gempa (Moonquakes)

Sempat terpikir untuk beli tanah di bulan? Pikirkan kembali. Faktanya ialah Gempa bumi sama dengan yang berlangsung di Bumi, gempa berlangsung pada Bulan. Semenjak Buzz Aldrin tempatkan seismometer di bulan, terjadi banyak gempa dicatat oleh seismometer. Empat type gempa sudah terdaftar sampai sekarang ini, yakni: gempa dalam, gempa bulan yang dikarenakan oleh meteorit, gempa termal serta gempa dangkal. Gempa dangkal ialah gempa yang seringkali serta selalu berlangsung lima kali lebih lama dari gempa rata-rata.

7. Tonjolan Bulan

Style gravitasi Bumi demikian kuat serta berefek ke semua permukaan Bulan. Gravitasi Bulan menyebabkan air pasang di Bumi. Tetapi sebab permukaan luar dari Bulan betul-betul solid, gravitasi bumi membuat benjolan di permukaan bulan setinggi seputar 50 sentimeter, perihal ini berlangsung dibagian permukaan bulan yang paling dekat dengan Bumi. Perihal ini diketahui menjadi Lunar Bodi Tide.

Baca juga : Inilah 15 Fakta Unik Tentang The Beatles Yang Harus Diketahui

8. Bulan pun mempunyai atmosfer

Untuk waktu yang begitu lama beberapa pakar berfikir jika tidak ada atmosfer di seputar Bulan. Tetapi studi paling baru tunjukkan jika ada atmosfer yang menyelimutinya Bulan. Walau atmosfer ini begitu tipis dibanding dengan atmosfer bumi akan tetapi atmosfer itu ada. Atmosfer Bulan diketahui menjadi eksosfer serta terbagi dalam gas Noble helium, neon serta argon.

9. Suhu Bulan

Bulan mempunyai suhu tinggi pada siang hari serta suhu rendah saat malam. Pada siang hari suhu rata-rata permukaan bulan ialah 107 derajat Celcius serta saat malam itu turun ke – 153 derajat Celcius.

10. Turunkan berat tubuh di bulan!

Saat ini Anda dapat turunkan berat tubuh tiada diet serta tiada pil apa pun! Bagaimana triknya? Yah cuma berkunjung ke bulan serta menimbang diri pribadi. Berat tubuh Anda akan menyusut seperenam dari berat yang diukur waktu Anda ada di bumi. Perihal ini berlangsung menjadi karena massa bulan lebih kecil dibanding dengan bumi serta sebab gravitasinya lebih lemah dibanding dengan bumi.

11. Debu menari di Bulan!

Kejadian debu menari pada permukaan bulan pertama-tama diketemukan oleh astronot Apollo. Saat matahari keluar serta tenggelam berlangsung pada Bulan, debu di permukaan Bulan condong melayang-layang, tidak pada atmosfer tetapi di permukaan Bulan terlihat seakan-akan mereka menari di permukaan.

12. Satu panorama bumi dari bulan

saat kita lihat bulan dari bumi kita lihat banyak babak bulan, seperti bulan purnama, bulan sabit, bulan baru dan lain-lain demikian sebaliknya berlangsung saat bumi disaksikan dari bulan! Saat bulan baru, bumi terlihta muncul penuh dari bulan dst. Jadi, bila manusia akan memutuskan untuk menggeser rumah mereka ke bulan, mereka sekurang-kurangnya akan tidak merindukan beberapa babak bulan (atau lebih persisnya bumi).

13. Selamat tinggal bulan

Itu bukan mengenai patah hati, tetapi itu benar. Tiap-tiap tahun bulan kita dengan perlahan-lahan serta terus-terusan menjauh dari bumi. Seputar 620 juta tahun waktu lalu bulan itu demikian dekat dengan bumi, di mana dahulu cuma ada 21 jam dalam satu hari serta saat ini 24 jam. Perihal ini pun diprediksikan jika 50 miliar tahun dari saat ini bulan kita akan demikian jauh serta waktu sehari-harinya bisa menjadi 45 jam.

14. Eksperimen Nuklir di bulan

Saat perang dingin di tahun 1950-an, Amerika Serikat membuat suatu project rahasia yang dimaksud “Project A119” dimana mereka merencanakan untuk coba ledakan nuklir di bulan. Waktu itu Amerika Serikat ketinggalan dalam perlombaan ruangan angkasa dengan Uni Soviet serta project ini mempunyai tujuan untuk menunjukkan kemampuan Amerika Serikat. Untungnya, project ini belum pernah dikerjakan.

15. Zone Waktu Bulan

Ada zone waktu sendiri untuk bulan serta cukuplah berlainan dari zone waktu yang kita ikuti di bumi. Waktu yang tunjukkan zone waktu bulan didesain oleh Kenneth L. Franklin. Ia meningkatkan satu skema yang dimaksud Lunar Time. Waktu di jam bulan diukur dalam lunations yang disebut periode yang diambil oleh bulan untuk berotasi serta mengakhiri revolusi melingkari Bumi. 1 lunation sama juga dengan 19,530589 Hari Bumi.

(Visited 125 times, 1 visits today)