Inilah 3 Fakta Unik Terjadinya Serangan Ubur-Ubur di Pantai Queensland

0
50

Inilah 3 Fakta Unik Terjadinya Serangan Ubur-Ubur di Pantai Queensland

Indolah.comInilah 3 Fakta Unik Terjadinya Serangan Ubur-Ubur di Pantai Queensland. Berjemur diatas pasir putih, snorkeling, serta lihat keindahan bawah laut di Queensland jadi yang diimpikan beberapa traveler. Sampai kini, Queensland diketahui menjadi surga tropis dengan bermacam keindahan kota sampai pantainya yang eksotis serta menarik. Fasilitasnya komplet, kebersihannya terbangun, orang-orangnya ramah, semua membuat kita bahagia jika berlibur kesini.

Sayangnya, semenjak awal Desember sampai sekarang ini, beberapa pantai di Queensland ada dalam keadaan mencekam. Banyak wisatawan sebagai korban sengatan ubur-ubur yang begitu beracun, bluebottle.

1. Bluebottle bukan perihal baru di pantai Queensland

Ubur-ubur ini memang seringkali tampak di lokasi Queensland, Australia. Banyak langkah dikerjakan agar tidak ada kembali sebagai korban. Contohnya seperti menempatkan sinyal bahaya disengat ubur-ubur. Per 30 Desember 2018, seputar 83,7 ribu orang mengunjungi pantai di Queensland.

“Kami sudah lakukan 40 kali penyelamatan serta lebih dari 4.200 aksi mencegah,” catat otoritas sah penjaga pantai, Surf Life Saving Queensland (SLSQ) melalui akun Twitternya.

Menurut Periset serta Kepala Australian Marine Stinger Advisory Service yang dikutip dari nytimes.com, Lisa Ann Gershwin, peristiwa bluebottle di Queensland kesempatan ini tidak lumrah. Menurutnya, sangat beberapa orang yang tersengat, kemungkinan hal itu berlangsung sebab keadaan gelombang timur laut yang begitu kuat. Angin kencang pun membuat bluebottle tersapu ke daratan.

Sedang, ilmuwan kelautan yang berbasiskan di Austin menyangka peristiwa ini ada sangkut pautnya dengan ekosistem yang tidak berperan dengan baik. Pemanasan air, penangkapan ikan terlalu berlebih, serta polusi sudah membuat beberapa macam ubur-ubur berkembang.

Baca juga : Unik! Ada Hotel dan Daycare Keren Khusus Anjing di Jakarta

2. Lebih dari 10 ribu orang tersengat bluebottle

Sampai sekarang ini banyak korban keganasan bluebottle. Akhir minggu lantas saja, sekurang-kurangnya ada 3.595 orang tersengat. Meskipun begitu, untungnya tidak ada korban wafat sebab peristiwa ini. Lebih dari 24,7 ribu orang siaga lakukan tindak mencegah serta penyelamatan.

“Peristiwa itu jadikan volunteer serta penyelamat profesional kami jadi begitu repot mengawali awal 2019. Telah lebih dari 10 ribu yang sudah kami tangani,” papar CEO SLSQ, John Brennan OAM, lewat account Twitternya, ini hari.

Sengatan bluebottle umumnya tidak fatal, mungkin beberapa akan alami reaksi alergi. Bahkan juga menurut beberapa dokter, sengatannya dapat menyebabkan “perasaan sakit yang tajam” serta “pelepuhan kulit kronis”. Sakit yang dirasa dapat berjalan saat beberapa waktu sampai jam.

Bila kita tersengat bluebottle, kamu mesti selekasnya membersihkan luka sengatannya dengan air yang begitu hangat. Es dapat juga dipakai untuk mematikan perasaan di daerah itu.

3. Serangan bluebottle telah bisa mulai diprediksi

Semenjak Desember lantas, banyak pantai yang ditutup karena serangan bluebottle. Sekurang-kurangnya ada 12 pantai yang ditutup, seperti Balgal, Ellis, EttyBay, dan lain-lain. Sekarang pantai yang ditutup cuma tersisa empat saja.

“Up-date, pantai-pantai di bawah ini ditutup sebab terdapatnya pelepasan jaring ubur-ubur. Pantai Balgal, Pantai Clifton, Pantai Forrest, serta Pantai Holloways,” catat SLSQ lewat Twitter, ini hari

(Visited 13 times, 1 visits today)