Inilah 3 Masjid Terunik Yang Ada Di Bangladesh

0
53
Inilah 3 Masjid Terunik Yang Ada Di Bangladesh
Inilah 3 Masjid Terunik Yang Ada Di Bangladesh

Indolah.comInilah 3 Masjid Terunik Yang Ada Di Bangladesh. Islam menebar di Bangladesh dibawa oleh Muslim Irak, Syed Shah Nasiruddin. Lalu Muslim Arab tiba serta berdagang di daerah pesisir lewat Pelabuhan Chittagong.

Satu diantara bukti pedagang Arab menebarkan Islam di lokasi ini yaitu tulisan pakar geografi Arab yang diketemukan di Sungai Meghna dekat Sandwip di Teluk Benggala. Bukti ini tunjukkan pedagang Arab tiba di selama Pantai Bengal sebelumnya penaklukan Turki.

Penulis Arab juga ketahui waktu Islam menebar, Kerajaan Smrup, Ruhmi, Dharmapal, serta Pala berkuasa disana. Kerajaan paling akhir di kenal jadi penganut Buddhisme. Bukti penebaran Islam disana yaitu berdirinya beberapa masjid di bawah ini.

1. Masjid Bintang

Masjid yang begitu indah ini terdapat di Mahuttuly, samping barat Armanitola. Desainnya bergaya Mughal. Dengan lima kubah serta hiasan beberapa ratus bintang berkelap-kelip besar serta kecil, masjid ini memikat perhatian orang-orang sekitaran. Bintang-bintang itu di buat dengan mengatur potongan barang pecah belah di semen putih, tampak dari depan seakan bercahaya diatas permukaan bumi.

Lantai mosaik yang indah dihiasi banyak motif bunga. Masjid ini awalannya dibuat dengan tiga kubah pada awal era ke-18 oleh Mirza Ghulam Pir, seseorang Zamindar yang begitu dihormati dari Dhaka. Masjid itu jadi kebanggaan umat Islam di sekelilingnya. Orang-orang memakai masjid itu untuk melaksanakan ibadah.

Baca Juga : Sadis Banget, Pria Ini Tega Mutilasi Anjing Tetangganya

2. Masjid Baitul Mukarram

Tempat sujud satu ini terdapat di Purana Paltan samping timur Sekretariat Bangladesh serta utara Stadion Dhaka. Masjid paling besar di kota itu bertingkat tiga serta dibuat seperti Ka’bah. Masjid ini tampak indah serta mewah karna dekorasinya berbentuk tatanan padang rumput, taman, serta jejeran air mancur di selatan serta timur.

Masjid ini ada pada dataran yang begitu tinggi. Tangga yang menuju ke masjid tampak seperti melayang-layang, ada di selatan, timur, serta utara. Di samping timur ada teras yang luas yang dipakai untuk shalat berjamaah. Dibawah lantai basic ada pusat perbelanjaan.

3. Masjid Shait-Gumbad, Bagerhat

Masjid dengan adanya banyak kubah yang paling mengesankan serta paling besar di Bangladesh di kenal dengan nama Shait-Gumbad. Masjid ini seperti kain yang berupa monumen megah, tenang, serta mengesankan, berdiri di pinggir timur.

Masjid itu beratapkan 77 kubah persegi, termasuk juga tujuh chauchala atau kubah Bengali bertingkat empat di barisan tengah. Ruangan shalat yang luas diperlengkapi dengan 11 pintu.

(Visited 22 times, 1 visits today)