Inilah 5 Fakta Unik Tentang Statue Of Liberty Yang Harus Ketahui

0
72

Inilah 5 Fakta Unik Tentang Statue Of Liberty Yang Harus KetahuiIndolah.comInilah 5 Fakta Unik Tentang Statue Of Liberty Yang Harus Ketahui. Saat dengar kata Statue of Liberty atau Patung Liberty, semua juga bakal langsung berfikir mengenai Amerika. Ya, patung Liberty ini memang ada di negeri yang dijuluki Paman Sam itu. Patung sebagai simbol buat masyarakat Amerika ini sudah populer di mancanegara bahkan juga termasuk juga dalam salah satunya keajaiban dunia. Tetapi, taukah kalian jika di balik berdirinya patung Liberty ada fakta-fakta unik yang mungkin sedikit didapati oleh penduduk. Ingin tahu? Yuk baca penuturannya di bawah ini.

1. Simbol kebebasan Amerika

Patung Liberty menyengaja dibangun untuk memperingati seratus tahun Deklarasi Kemerdekaan bangsa Amerika. Patung ini adalah lambang dari kebebasan rakyat Amerika dalam lakukan tindakan, memiliki pendapat, pilih, dan kebebasan dalam kehidupan yang lain.

2. Berdiri atas ide dari orang Perancis

Perancis adalah negara yang sudah menolong Amerika selama saat penjajahan Inggris. Pada tahun 1865, Laboulaye, seseorang pakar hukum serta pemikir dari Perancis ialah orang pertama yang memberikan ide pendirian monumen untuk memperingati demokrasi di Amerika Serikat. Salah satunya rekan Laboulaye, Frédéric-Auguste Bartholdi seseorang seniman Perancis juga tertarik dengan inspirasi itu serta langsung menyetujuinya.

3. Menghimpun dana dari Amerika serta Perancis

Laboulaye serta Bartholdi sadar jika untuk bikin satu monumen yang bisa menjadi lambang buat negara Paman Sam itu pasti memerlukan dana yang tidak dikit. Waktu Bartholdi kembali pada Perancis, dia mulai menghimpun dana dari beberapa perusahaan walau awalannya mesti tidak diterima sebab cost yang sangat mahal.

Baca juga : Unik! Dipantai Sendangsikucing Kendal Banyak Puluhan Ribu Kerang Terdampar

Berlainan dengan Bartholdi yang cukuplah lancar memperoleh dana di Perancis, pengumpulan dana di Amerika sangat lamban, hingga menggerakan hati salah satunya masyarakat kaya dari sana, Joseph Pulitzer, untuk buka kantor media massa dan tuliskan berita mengenai masyarakat Amerika yang tidak ingin memberi untuk perkembangan bangsanya sendiri. Berita itupun berefek positif serta dana juga mulai mengalir deras.

4. Dibantu oleh Alexandre Gustave Eiffel, perancang menara Eiffel

Saat pembuatan Patung Liberty, Bartholdi tidak sendiri tetapi dibantu oleh Alexandre Gustava Eiffel perancang dari menara Eiffel. Uniknya pembuatan patung ini terpisah yakni di Amerika dan Perancis. Bartholdi dibantu Eiffel membuat susunan patung di Perancis sedang Jendral Charles dibantu oleh arsitek New York, Richard Moris Hunt untuk bikin fondasi berdirinya patung di Amerika.

5. Di kirim dari Paris

Sesudah sekian tahun dibuat, pada akhirnya Statue of Liberty tuntas seputar tahun 1884 serta selekasnya di kirim ke Bedloe tempat yang akan jadikan untuk berdirinya Patung Liberty. Seputar 214 kotak kayu berisi potongan patung Liberty diantar dari Perancis ke Amerika Serikat serta datang pada Juni 1885. Akan tetapi patung itu baru sah dibangun pada tahun 1886. Sampai sekarang Patung Liberty masih jadi simbol di Amerika Serikat yang menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

(Visited 15 times, 1 visits today)