Inilah 5 Festival Unik Yang Paling Gokil di Dunia

0
124
Inilah 5 Festival Unik Yang Paling Gokil di Dunia
Inilah 5 Festival Unik Yang Paling Gokil di Dunia

Indolah.comInilah 5 Festival Unik Yang Paling Gokil di Dunia. Festival makanan yaitu satu diantara moment yang paling ditunggu oleh beberapa pelancong, penggila kuliner, serta penggemar festival. Pasalnya dalam acara begini pengunjung dimanjakan dengan bermacam kuliner yang berlimpah, dari mulai makanan tradisionil, jajanan popular, hingga kuliner langka yang susah didapati keseharian. Serta sudah pasti beberapa penggemar kuliner dapat mencicipi beragam masakan dari beragam daerah tanpa ada butuh berkunjung ke tempat aslinya.

Festival makanan biasanya berupa bazaar atau parade makanan serta hasil panen. Namun terkadang ada pula festival makanan yang menghadirkan rencana tidak umum, yakni perang makanan. Beberapa peserta acara diberi makanan spesifik, dapat buah, minuman, atau kue untuk jadikan amunisi. Beberapa besar cuma mempunyai tujuan untuk beberapa suka, namun ada pula yang diadakan untuk menggalang donasi serta maksud lain.

Penasaran dengan kehebohannya? Inilah 5 Festival Unik Yang Paling Gokil di Dunia yang dirangkum dari Situs Urbanist serta Momentful Traveler.

1. La Tomatina, Spanyol

Kelihatannya tidak salah bila mengatakan festival melempar tomat di Spanyol jadi festival perang makanan terpopuler didunia. Buktinya negara-negara lain seperti Colombia, Inggris, serta Amerika Serikat juga banyak yang di inspirasi untuk turut mengadakan festival seru yang dibanjiri warna merah ini.

Menurut Wikipedia, La Tomatina diadakan di kota Bunol, Valencia, Spanyol. Acara konyol tetapi seru ini berjalan tiap-tiap Rabu paling akhir dalam bulan Agustus. Sebatas info, minggu paling akhir dalam bln. Agustus yaitu minggu yang dipenuhi pesta serta festival seru di Spanyol.

Menurut La Tomatina Tours, th. ini festival La Tomatina juga akan berjalan pada tanggal 27 Agustus 2014. Tidak cuma sama-sama lempar tomat, acara ini akan menghadirkan pertunjukan musik, parade, serta pertunjukan kembang api. Satu hari sebelumnya acara puncak, yakni perang tomat, beberapa partisipan dipersilakan untuk ambillah sisi dalam lomba memasak paella (semacam nasi goreng berbumbu ciri khas Spanyol).

Tomat yang digunakan untuk perang di kirim dari daerah penghasil tomat, yakni Extremadura supaya lebih irit cost. Diluar itu tomat-tomat yang digunakan yaitu tomat busuk atau tomat sortiran yang telah tidak layak jual. Jadi tidak ada pemborosan makanan disini.

2. Great Fruitcake Toss, Colorado, Amerika Serikat

Festival ini adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Manitou Springs High School Trek, Manitou Springs, Colorado. Mulai sejak th. 1996, tiap-tiap th. warga setempat ataupun wisatawan gabung dalam festival dengan beragam perlombaan seru yang melibatkan kue buah. Disini beberapa peserta dapat turut cabang perlombaan berbentuk melempar kue buah dengan tangan, melemparkan kue buah dengan ketapel raksasa, adu ketepatan menembak kue buah, serta banyak sekali lagi.

Acara ini sekalian untuk menggalang dana serta donasi makanan yang nanti juga akan disumbangkan pada yayasan Westside Cares. Pihak penyelenggara sediakan kue buah untuk beberapa peserta. Namun karna jumlahnya terbatas, beberapa peserta dianjurkan untuk membawa kue buah sendiri dari tempat tinggal.

Festival ini umumnya diadakan tiap-tiap bln. Januari. Pada akhir bulan Desember tahun lalu, pihak penyelenggara memberi pengumuman resmi kalau pada th. 2014 mereka akan tidak membuat acara itu karna beragam argumen.

Namun karna banyak memprotes yang diperuntukkan di website resmi mereka, pada akhirnya festival ini diselenggarakan sekali lagi oleh satu yayasan nirlaba lain pada bln. Januari, namun dalam taraf kecil. Apabila yang berminat tetap masih banyak, nampaknya th. depan acara ini masih tetap selalu berlanjut.

Baca juga : Inilah Tradisi-Tradisi Unik Dalam Pernikahan Yang Ada di Indonesia

3. Batalla del Vino, Spanyol

Festival ini diselenggarakan tiap-tiap musim panas untuk menyongsong hari Santo Pedro, persisnya pada tanggal 29 Juni. Acaranya mencakup pertandingan minum anggur serta sudah pasti sesuai sama namanya, Batala del Vino (perang anggur), sama-sama melempar minuman anggur.

Yang digunakan yaitu product minuman anggur ciri khas Rioja. Paling tidak ada sekitaran beberapa ribu liter anggur yang digunakan dalam festival ini. Pengunjung memakai kreatifitas semasing dalam buat senjata dengan amunisi anggur merah. Ada yang membawa pistol air, bom dari kantung plastik diisi minuman anggur, serta ember besar.

4. Battaglia delle Arance, Ivrea, Italia

Dari namanya saja, Battaglia delle Arance atau Pertempuran Jeruk telah dapat ditebak, bukan? Karnaval yang diselenggarakan di daerah Ivrea, Italia ini melibatkan perang antar warga dengan buah jeruk. Festival yang diselenggarakan tiap-tiap bln. Februari ini dapat disebutkan festival perang makanan paling besar serta tertua di Italia.

Perayaan ini diawali mulai sejak jaman pertengahan, yakni era 12. Satu perayaan dengan sama-sama melempar buah diselenggarakan untuk rayakan kemenangan warga dalam menaklukkan seseorang penguasa kejam pada saat itu.

Waktu itu beberapa peserta yang terbagi dalam warga setempat Ivrea umumnya dibagi dalam sembilan tim yang juga akan sama-sama adu lempar buah. Pada saat itu buah yang jadikan amunisi tidak senantiasa jeruk. Terkadang memakai apel atau kacang. Baru pada th. 1994 pihak penyelenggara memakai buah jeruk. Paling tidak 20 ton buah jeruk digunakan tiap-tiap tahunnya untuk menyemarakkan festival.

5. World Custard Pie Championship, Coxheath, Inggris

Bila umumnya festival perang makanan melibatkan buah-buahan jadi amunisi, festival yang satu ini memakai kue pai. Bukanlah sebatas pai umum, namun pai custard yang lezat itu.

Festival yang bertopik The World Custard Pie Championship ini berawal pada tahun 1967, saat Mike Fitzgerald, petinggi kota Coxheath wujudkan hasratnya untuk buat satu festival tahunan yang di inspirasi dari satu diantara adegan melempar kue dalam film yang di bintangi aktor kesukaannya, Charlie Chaplin. Painya di buat dengan resep spesial, supaya tetaplah utuh walau dibuang atau dihantamkan ke muka.

(Visited 34 times, 1 visits today)