Inilah 7 Gedung Peninggalan Kolonial Belanda di Medan

0
374

Inilah 7 Gedung Peninggalan Kolonial Belanda di Medan

Indolah.comInilah 7 Gedung Peninggalan Kolonial Belanda di Medan. Bertandang ke gedung-gedung heritage di satu kota bisa disebut pekerjaan harus. Sebutlah saja Jakarta dengan gedung-gedung peninggalan di Kota Tua atau Lawang Sewu yang ada di Semarang. Tidak tertinggal kota Medan yang pastinya pun mempunyai gedung-gedung peninggalan kolonial. Ingin tahu gedung peninggalan apapun itu?

1. Gedung London Sumatra

Gedung yang terdapat di dalam pusat kota ini tampak berdiri kuat di persimpangan jalan raya. Siapa kira jika gedung ini ialah gedung pertama di kota Medan yang menggunakan sarana elevator. Gedung yang dulunya diketahui menjadi Gedung Juliana ini mengadaptasi style arsitektur rumah-rumah di London seputar era 18 sampai 19. Lihat saja dari keunikan jendelanya yang panjang serta lebar dengan tiang-tiang tangga yang kuat di muka pintu masuk.

2. Warenhuis

Mungkin gedung ini berasa asing terdengar. Siapa kira jika gedung yang tidak kembali utuh serta penuh lumut ini dulunya ialah pusat pertokoan pertama serta paling besar di kota Medan, bahkan juga di Pulau Sumatera. Pada tahun 2013, gedung ini sudah sempat terbakar serta sekarang cuma tersisa beberapa gedung yang mungkin hampir tiap-tiap orang yang melewatinya cuma melihat mata sebelah pada gedung itu.

3. Gedung Bank Mandiri Medan

Gedung yang terdapat berseberangan dengan Gedung Lonsum serta Gedung Balai kota ini dibuat pada tahun 1929. Awalannya gedung ini dipakai oleh Nederlandsche Handel Maatschappij (NHM) atau Netherlands Trading Society (NTS) yang disebut perusahaan punya Belanda. Seiring waktu berjalan, gedung ini juga berubah manfaat seringkali sebelum pada akhirnya sah diambil alih jadi asset Bank Mandiri sampai saat ini.

Baca juga: Inilah 9 Destinasi Wisata Paling Populer di Selandia Baru

4. Gedung Balai Kota

Gedung Balai kota sekarang berdiri menyatu dengan satu hotel bintang lima. Saat berdiri dengan sendiri, dulunya bangunan ini seringkali dipakai menjadi tempat pertemuan oleh pemerintahan Belanda. Lalu beralih kembali menjadi gedung staf pemerintahan militer oleh Jepang. Sampai pada akhirnya sah jadi punya pemerintah Indonesia. Walau sekarang telah berubah manfaat, kokohnya bangunan ini tidak dapat terlepas demikian saja dari sisi riwayat.

5. Gedung Bank Indonesia Medan

Gedung bercat putih dengan asitektur ciri khas Eropa ini berada pas berdekatan dengan gedung Balai Kota. Bila disaksikan selintas, bangunannya tidak jauh berlainan dengan gedung Bank Indonesia yang berada di ibukota, Jakarta. Bangunan ini dibangun pada tahun 1906 serta mulai beroperasi pada tahun 1907 yang waktu itu awalnya berperan menjadi pusat Bank Belanda. Meskipun telah alami perbaikan, akan tetapi keaslian dari bangunan itu berupaya masih dipertahankan.

6. Kantor Pos Besar Medan

Di sinilah kegiatan surat menyurat yang mulai berlangsung semenjak dibuat oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1911. Bahkan juga sampai saat ini, kantor Pos Besar ini masih tetap beroperasi dengan baik. Type arsitektur yang diterapkan pada bangunan Kantor Pos Besar ini dimaksud style arsitektur moderen fungsional. Bentuk atapnya yang ciri khas pun terlihat berlainan di banding bangunan peninggalan kolonial Belanda lainnnya. Sayangnya, air mancur yang menghiasi depan bangunan ini sudah alami pergantian yang tidak kembali asli seperti pertama-tama dibuat.

7. Stasiun Besar Kereta Api Medan

Menjadi kota usaha yang cukuplah berkembang semenjak zaman kolonial Belanda, kehadiran stasiun adalah salah satunya fasilitas transportasi yang begitu bertindak. Stasiun yang bertemu langsung dengan lapangan Merdeka ini diresmikan pada tahun 1886. Sayangnya, arsitektur stasiun ini telah berbeda persis kembali dengan aslinya sebab sudah alami perombakan untuk memberi kenyamanan serta prasarana untuk beberapa pemakainya.

Gedung-gedung itu tidak cuma mempunyai nilai riwayat, tetapi pun berharga historikal serta estetika yang cukuplah tinggi. Diluar itu, berswafoto dengan latar belakang bangunan peninggalan kolonial ini dapat juga meningkatkan feed di instagram kamu bertambah menarik serta kece.

(Visited 48 times, 1 visits today)