Inilah 8 Situs Warisan Budaya di Vietnam Yang Wajib Dikunjungi

0
160

Inilah 8 Situs Warisan Budaya di Vietnam Yang Wajib Dikunjungi

Indolah.comInilah 8 Situs Warisan Budaya di Vietnam Yang Wajib Dikunjungi. Terletak sebelah timur Thailand, ada salah satunya negara eksotis yang lain. Yaitu, Vietnam yang bernama sah Republik Sosialis Vietnam ialah negara sangat timur di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara. Vietnam bersebelahan dengan Republik Rakyat Tiongkok di samping utara, Laos di samping barat laut, Kamboja di samping barat daya serta di samping timur terbentang Laut China Selatan.

Jika kamu pengagum situs bersejarah, jadi negara beribukota di Hanoi harus masuk dalam rincian must visit. Masalahnya ada delapan situs yang diputuskan menjadi Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Situs itu termasuk juga dalam alam, budaya, serta kombinasi. Inilah 8 Situs Warisan Budaya di Vietnam Yang Wajib Dikunjungi.

1. Imperial Citadel of Thang Long

Bangunan ini jadi saksi bisu riwayat Vietnam. Sebelum dibuat jadi istana pada tahun 1010, tempat ini ialah benteng militer China. Sedang, pada jaman Perang Vietnam, istana ini dikuasai oleh militer Amerika Serikat.

Pembangunan istana ini selalu bersambung sampai waktu Dinasti Nguyen tahun 1810. Tempat yang popular dengan panggilan Hanoi Citadel ini mulai diputuskan menjadi Warisan Budaya Dunia pada 2010 serta kembali dibuka untuk umum tahun 2012.

2. Benteng Dinasti Ho

Benteng Dinasti Ho ialah peninggalan kultural yang letaknya seputar 150 km. samping selatan Hanoi. Benteng ini betul-betul ‘hanya’ satu benteng yang mempunyai empat dinding. Tiada bangunan lainnya seperti istana atau museum.

Seperti candi-candi di Indonesia, benteng ini diatur dari bebatuan cadas tiada direkatkan oleh semen. Di seputar benteng, ada persawahan yang memanjakan mata. Jika kamu kesini, kamu akan rasakan udara pedesaan Vietnam.

3. Imperial City Hue

Imperial City Hue atau kota kuno ini terdapat di Vietnam tengah. Kota kuno ini disebutkan mempunyai keserupaan dengan lanskap Forbidden City di Beijing, Tiongkok.

Imperial City Hue ini dulunya diketahui menjadi pusat pemerintahan serta rumah keluarga Dinasti Nguyen.

Sediakan fisikmu sebelum melingkari kota kuno Hue. Kamu akan disuguhi dengan peninggalan berbentuk makam beberapa raja, istana, bendera, pagoda, perpustakaan, serta museum. Komplet kan? Kamu cukuplah membayar seputar Rp 75 ribu per orang lho.

Baca juga : Inilah 5 Pantai Terbaik dan Terindah Selain Pink Beach di Lombok

4. Kota Kuno Hoi An

UNESCO memandang Kota Kuno Hoi An menjadi lokasi pelabuhan perdagangan yang tertangani dengan baik di Asia Tenggara pada era ke-15 sampai 19. Bangunan serta jalanannya memvisualisasikan dampak masyarakat asli serta pendatang Vietnam.

Kota ini mempunyai lebih dari 800 bangunan bersejarah yang betul-betul tertangani. Sekitar 18 bangunan salah satunya sudah terbuka untuk pariwisata. Perumpamaannya, museum, gedung pertemuan, rumah kuno, serta pertunjukan musik tradisionil.

5. Candi Mi Son

Terdapat di Propinsi Quang Nam, ada puing-puing candi Hindu bernama Mi Son. Candi ini dibuat pada rentang era ke-4 sampai 13 oleh beberapa raja Champa.

Di kompleks candi Mi Son ada lebih dari 70 patung dewa serta dewi dalam ajaran Hindu. Diantaranya ialah Dewa Shiwa yang dipandang seperti pelindung Kerajaan Champa.

Candi berwarna merah bata ini dikelilingi oleh tumbuh-tumbuhan. Sayangnya, candi ini sudah sempat rusak karena serangan Prancis serta Amerika Serikat. Untuk berkunjung ke tempat ini, sediakan uang sebesar Rp 90 ribu per orang untuk beli ticket masuk.

6. Teluk Ha Long

Bertandang ke utara Vietnam tidak komplet rasa-rasanya tiada singgah ke Teluk Ha Long. Teluk seluas 1.500 km. persegi ini bertetangga dengan Republik Rakyat Tiongkok.

Teluk ini terbagi dalam 1.969 pulau batu kapur yang menjulang ke atas laut. Beberapa pulau besar mempunyai gua. Gua terbesarnya bernama Hang Dau Go atau Gua Pasak Kayu.

7. Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang

Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang diputuskan menjadi situs Warisan Budaya Dunia pada tahun 2003. Wilayahnya seluas 85.754 hektar. Di Phong Nha ada pegunungan kapur paling tua di Asia yang tercipta seputar 400 juta tahun kemarin. Diluar itu, di Phong Nha pun ada gua-gua serta sungai-sungai bawah tanah yang mempunyai panorama fantastis. Lonely Planet bahkan juga menyebutkan Phong Nha menjadi heaven on earth.

Atraksi turis yang di tawarkan di sini yaitu bersepeda, hiking, paddling, atau sebatas bersantai melihat-lihat panorama.

8. Kompleks Trang An

Trang An Scenic Landscape Complex adalah situs Warisan Budaya Dunia yang berkategori kombinasi. Lokasi Trang An mempunyai kompleks tempat peribadatan umat Buddha paling besar di Vietnam bernama pagoda Bai Dinh. Kompleks ini pula jadi tujuan religi umat Buddha di luar Vietnam.

Tidak hanya pagoda, dalam tempat ini turis umumnya sightseeing ke gua, bukit, serta desa ditempat. Itu delapan situs Warisan Budaya Dunia yang ada di Vietnam. Dengan berkunjung ke ke-8 situs sama berarti kamu sudah melingkari negara itu sebab letaknya yang bersebaran.

(Visited 34 times, 1 visits today)