Inilah Cara Mengatasi Insomia

0
525

insomia

Indolah.comĀ  Insomnia merupakan gangguan tidur berupa kesulitan mulai tidur, tidak bisa mempertahankan tidur (sering terbangun di malam hari), dan terbangun terlalu awal.

Insomnia bisa terjadi dalam hitungan hari, berminggu-minggu, dan bersifat kronis jika lebih dari 1 bulan.

Kepala Klinik Psikosomatik Rumah Sakit Omni Alam Sutera, dr. Andri SpKJ mengatakan, insomnia bisa diatasi dengan berbagai cara. Langkah utamanya adalah mencoba untuk melakukan pola tidur yang baik dan teratur.

“Tidurnya jangan lebih dari jam 12 malam terus, Saat mengantuk pergilah untuk tidur. Lalu, bangun pagi secara teratur,” kata Andri dalam seminar Insomnia and It’s Related Disorder di RS Omni Alam Sutera, Tangerang Selatan, Jumat (13/11/2015).

Selain itu, hindari olahraga terlalu berat pada malam hari. Idealnya, selesai berolahraga minimal 2 jam sebelum tidur. Kemudian, jangan minum kopi, teh atau minuman yang mengandung kafein menjelang tidur, serta hindari melakukan pekerjaan, menggunan gadget, atau menonton TV sebelum tidur.

Baca Juga : Fenomena Seputar Sumpah Pocong

Nah, jika dengan cara tersebut tidak ampuh mengusir insomnia, bisa dibantu dengan terapi obat. “Berikan obat anti-insomnia yang tepat. Yang mempunyai efek menidurkan atau efek hipnotik,” kata Andri.

Mengikuti rekomendasi Food and Drug Administration di Amerika Serikat, obat tidur yang disarankan dan juga tersedia di Indonesia, yaitu zolpidem, estazolam dan ramelteon.

Selain itu, menurut Andri dokter juga perlu memastikan apakah insomnia yang terjadi berkaitan dengan masalah gangguan jiwa lain atau tidak.

(Visited 71 times, 1 visits today)