Inilah Fakta Unik Yang harus Diketahui Tentang Burung Hantu

0
47

Inilah Fakta Unik Yang harus Diketahui Tentang Burung Hantu

Indolah.comInilah Fakta Unik Yang harus Diketahui Tentang Burung Hantu. Burung hantu sering dihubungkan dengan mitos pembawa kematian. Akan tetapi, janganlah cepat-cepat mengkaitkan dengan kematian manusia, sebab burung yang macamnya sampai beberapa puluh ini malah membawa kematian buat mangsanya, seperti tikus.

“Faktanya, burung hantu begitu takut pada manusia, ia tidak miliki insting menyerang manusia, jika ada yang menyerang umumnya burung hantu peliharaan,” tutur Lim Wen Sin, praktisi burung hantu, selesai acara Belajar Bersama dengan #5 Burung Hantu Teman dekat Petani di Sleman, Minggu (07/10/2018) pagi.

Dia menceritakan, di Indonesia, ada lebih dari 20 type burung hantu. Diantaranya, Tyto alba. Type ini dapat digunakan menjadi predator alami untuk mengusir hama tikus di tempat pertanian.

Meski begitu, burung hantu tidak pas menjadi binatang peliharaan. Menurut Lim, feses burung hantu begitu berbau.

Baca juga : Unik! Perpustakaan di China Ini Terletak di Tengah Hutan

Sebabnya, burung hantu mempunyai metabolisme yang jelek. Penceranaannya kurang baik, hingga dia sering memuntahkan kembali rambut serta tulang hewan yang dimangsanya.

Burung hantu dikenal juga menjadi hewan yang tidak romantis. Jantan serta betina jarang tinggal pada sebuah sarang. Umumnya mereka mempunyai sarang semasing serta berjumpa untuk berkembang biak dan memberikan makan anak-anaknya.

“Tetapi ada pula yang tinggal pada sebuah sarang, tapi umumnya sendiri-sendiri,” papar Lim.

Berdasar pada penilaian langsung yang dikerjakan Lim sampai kini, burung hantu tampak monogami. Akan tetapi, burung hantu mempunyai cenderung poliandri. Tingkah laku itu untuk menjaga hidup anak-anaknya. Mereka menanti jantan hadir serta membawa makanan.

Burung hantu betina ikut lebih ganas serta agresif daripada jantan. Karakter ini muncul sebab betina mempunyai pekerjaan membuat perlindungan anak-anaknya.

“Bahkan juga dia tidak enggan bertanding dengan burung hantu lainnya yang masuk ke sarangnya untuk mencari tempat baru,” katanya.

(Visited 10 times, 1 visits today)