Iran Hukum Mati Dua Terpidana Kejahatan Korupsi

0
306
Iran Hukum Mati Dua Terpidana Kejahatan Korupsi
Iran Hukum Mati Dua Terpidana Kejahatan Korupsi

Indolah.com – Iran Hukum Mati Dua Terpidana Kejahatan Korupsi, Iran mengeksekusi dua orang yang didakwa melakukan kejahatan ekonomi pada Rabu (14/11) menjadi upaya mencegah pelanggaran finansial di dalam krisis ekonomi negara.

Dikutip dari situs berita lokal, Mizan, orang pertama yang dieksekusi ialah Vahid Mazloumin. Pedagang yang didakwa melakukan manipulasi pasar saham itu didapati mempunyai dua ton emas waktu ditangkap.

Reuters memberitakan jika orang kedua ialah bagian dari jaringan Mazloumin dan ikut serta dalam penjualan koin emas. Kedua-duanya dihukum sebab dianggap lakukan korupsi yang merupakan pelanggaran besar di Iran.

Baca Juga : Tipu Jualan Online, Tokopedia Tutup Si Penjual Gambar Hard Disk

Sebagai upaya pemberantasan korupsi, pada Agustus lalu Iran mendirikan pengadilan khusus kejahatan finansial atas persetujuan pemimpin tertinggi negara, Ayatollah Khamenei.

Semenjak didirikan, pengadilan itu telah menjebloskan setidaknya tujuh orang yang berkaitan dengan korupsi.

Di periode bersamaan, Amerika Serikat menetapkan sanksi pertama sesudah Presiden Donald Trump menarik diri dari persetujuan nuklir yang disetujui pada 2015 kemarin.

Semenjak awal 2018, mata uang Rial sendiri sudah jatuh sekitar 70 persen di dalam ancaman sangsi dari AS.

Biaya hidup di Iran ikut semakin meningkat. Unjuk rasa menolak korupsi juga makin marak dengan demonstran yang meneriakkan slogan anti-pemerintah.

(Visited 28 times, 1 visits today)