Israel Melarang Foto Tentara dalam Kampanye Jelang Pemilu

0
38
Israel Melarang Foto Tentara dalam Kampanye Jelang Pemilu
Israel Melarang Foto Tentara dalam Kampanye Jelang Pemilu

Indolah.com – Israel Melarang Foto Tentara dalam Kampanye Jelang Pemilu, Kejaksaan Agung Israel memerintah semua calon pemilihan umum tidak memakai gambar tentara dalam kampanye mereka.

“Pemakaian foto tentara untuk maksud propaganda dilarang selama 90 hari sebelum pemilihan umum, terutama pemakaian foto tentara dengan perdana menteri,” bunyi pengakuan Kejaksaan Agung Israel pada Kamis (7/2).

Larangan itu dikeluarkan sesudah partai oposisi pemerintah, Partai Buruh, ajukan aduan kepada kejaksaan atas partai Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, Likud.

Dalam salah satu spanduk kampanyenya, Likud disebut memakai foto Netanyahu yang dibarengi oleh pasukan militer di belakangnya.

“Perdana Menteri memakai tentara menjadi tokoh dalam kampanye pemilu,” kata Partai Buruh.

Likud dipandang menggunakan foto tentara untuk memenangi Netanyahu yang kembali mencalonkan diri dalam pemilu April kelak untuk mengamankan kekuasaannya.

Diambil AFP, jajak pendapat tunjukkan jika isu keamananan masih tetap jadi fokus penting masyarakat Israel.

Awal mulanya, Netanyahu pun didapati memakai foto bersama dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam salah satunya papan iklan kampanyenya.

Papan itu terpampang di jalan raya Ayalon, salah satunya distrik tersibuk di Ibu Kota Israel itu. Belumlah jelas apa pemakaian photo Trump itu sudah mendapatkan izin Gedung Putih.

Israel direncanakan mengadakan pemilu pada 9 April yang akan datang, bertambah cepat dari agenda awal mulanya. Berdasar pada jajak opini, salah satunya kompetitor paling berat sang petahana ialah bekas jenderal militer, Benny Gantz, yang terakhir selalu lakukan terobosan.

Baca Juga : Prabowo Sebut Negara Milik Genderuwo Begini Tanggapan TKN

Walau tengah dilanda skandal serta peluang melawan tuntutan dalam tiga masalah korupsi, Netanyahu masih tetap dipandang seperti calon PM terkuat di Israel.

Semenjak 2017, ia sudah diinterogasi polisi sekitar sembilan kali. Polisi pun sudah mereferensikan jaksa agung untuk mendakwa orang nomer satu di Israel itu.

Pada minggu lantas, Jaksa Agung Israel, Avichai Mandelblit, menjelaskan tidak ada fakta yang dapat menghalanginya untuk mendakwa Netanyahu sebelum pemilu diselenggarakan. Akan tetapi, sampai sekarang, Netanyahu belum diputuskan menjadi terduga.

(Visited 11 times, 1 visits today)