Jawa Timur Diguncang Gempa, Warga Surabaya Panik Dikira Gangguan Hantu

0
51
Jawa Timur Diguncang Gempa, Warga Surabaya Panik Dikira Gangguan Hantu
Jawa Timur Diguncang Gempa, Warga Surabaya Panik Dikira Gangguan Hantu

Indolah.com – Jawa Timur Diguncang Gempa, Warga Surabaya Panik Dikira Gangguan Hantu, Gempa Bumi 6,4 SR yang berpusat di 55 Km arah timur laut Kabupaten Situbondo, Jawa Timur menyisakan beberapa cerita unik dari beberapa warga yang merasakan dampak getaran gempa.

Waktu gempa berlangsung hampir semua masyarakat Jawa timur tengah terlelap tidur.

Gempa itu berlangsung pada Kamis (11/10/2018) jam 01:54 WIB, mengakibatkan sebagian warga Jawa Timur dan Bali yang terdampak getaran gempa itu langsung terbangun dari tidurnya. Akan tetapi, tidak semua langsung memahami serta tahu bila gempa bumi tengah berlangsung.

Ova Nasukha contohnya, warga Kota Surabaya ini mengakui malah ketakutan setengah mati saat merasa ada sedikit goncangan diatas ranjang tempatnya tidur. Alih-alih berfikir ada gempa berlangsung, Ova malah berfikir tengah ada gangguang makhluk halus atau hantu di tempat tinggalnya.

“Terasa goyang-goyang begitu. Kupikir ada hantu goyang-goyang kasur. Sampai berdoa yang meminta janganlah diganggu. Ternyata lindu (gempa),” kata Ova.

Baca Juga : Nikki Haley Duta Besar AS untuk PBB Mengundurkan Diri

Jika Ova sempat menganggap jika getaran gempa ialah gangguan makhluk halus, maka Harris mempunyai pandangan berbeda. Warga Kabupaten Sidoarjo ini malah menduga Dia tengah mabuk sebab rasakan pusing karena getaran yang berlangsung.

“Memang habis minum (alkohol) sedikit sih. Baru sampai rumah sekitar jam 01.30-an. Lantas tidak diduga pusing. Sebab mikirnya agak mabuk langsung membuat es jeruk. Begitu liat handphone, baru tahu ternyata ada update jika sedang gempa,” kata Harris.

Sebagai informasi, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho pastikan bila episenter gempa bumi terdapat di koordinat 7,47 LS serta 114,43 BT, atau persisnya berada di laut pada jarak 55 KM arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 Km.

Menurut Sutopo, getaran berasa di semua lokasi Jawa Timur. Mencakup Kabupaten/Kota Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Batu, Kota Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto, serta Kota Mojokerto.

(Visited 18 times, 1 visits today)