Jet Tempur Amerika Serikat Jatuh di Okinawa Jepang

0
95
Jet Tempur Amerika Serikat Jatuh di Okinawa Jepang
Jet Tempur Amerika Serikat Jatuh di Okinawa Jepang

Indolah.com – Jet Tempur Amerika Serikat Jatuh di Okinawa Jepang, Sebuah jet tempur F-15 milik Amerika Serikat jatuh di wilayah lepas pantai Okinawa. Pilot berhasil melontarkan dirinya dan diselamatkan oleh pasukan Jepang.

Lewat akun Twitter resminya Pangkalan Udara AS Kadena, Okinawa, Jepang memastikan jatuhnya jet tempur F-15C Eagle tersebut.

Kantor berita Jepang, Kyodo melaporkan seperti dilansir AFP, Senin (11/6/2018), jet tempur tersebut berasal dari Pangkalan Udara Kadena AS dan jatuh pada Senin pagi waktu setempat di sekitar 80 kilometer sebelah selatan Naha, ibu kota Pulau Okinawa, Jepang selatan.

Menurut stasiun televisi Jepang, NHK, pilot jet tempur tersebut mengalami patah kaki dalam insiden ini.

Belum diketahui penyebab jatuhnya jet tempur tersebut. Sejauh ini, belum ada pernyataan mengenai insiden itu dari Kementerian Pertahanan Jepang maupun militer Amerika Serikat.

Insiden tersebut terjadi saat Angkatan Udara AS menyelesaikan gelombang pertama pemeliharaan sayap dan satu hari menguji keselamatan penerbangan.

Uji keselamatan penerbangan di lakukan di tengah serangkaian kecelakaan pesawat militer Amerika Serikat.

Baca Juga : Difitnah Selingkuh, Begini Reaksi Grace Natalie dan Pihak Ahok

Menurut AirForceTimes, mereka akan menyisir semua data yang dikumpulkan selama operasi uji keselamatan untuk menemukan jawaban atas penyebab kecelakaan-kecelakaan pesawat tersebut. Lalu mencari cara untuk menghentikannya.

Kantor berita Kyodo menyatakan jet milik Pangkalan Udara Kadena AS itu jatuh sekitar 80 kilometer selatan Naha, Ibu Kota Okinawa, Jepang selatan.

Kadena merupakan pangkalan militer AS yang terbesar di Jepang, yang menampung sekitar 47 ribu personel militer AS sesuai aliansi keamanan kedua negara yang telah berlangsung puluhan tahun.

Serangkaian kecelakaan yang melibatkan pesawat-pesawat militer AS telah memicu ketegangan kedua negara. Pada Januari lalu, Menteri Pertahanan AS James Mattis bahkan menyampaikan permintaan maaf atas insiden-insiden tersebut.

Berbagai insiden tersebut termasuk pendaratan darurat helikopter militer AS, jatuhnya sebuah bagian helikopter ke halaman sebuah sekolah Jepang, dan kecelakaan mematikan MV-22 Osprey tahun lalu.

(Visited 23 times, 1 visits today)