Jika Anda ke Magelang Jangan Lupa Mampir Kesini….

0
633

Jika Anda ke Magelang Jangan Lupa Mampir Kesini....

Indolah.com – Candi Borobudur merupakan candi terbesar di yang ada di Indonesia. Candi Borobudur yang terletak di Borobudur, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi Candi Borobudur juga menjadi pusat ibadat bagi umat Buddha di Indonesia khususnya pada setiap perayaan Waisak. Hal ini sesuai dengan arti namanya yaitu “biara di perbukitan”. Saat ini Candi Borobudurditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO.

Candi Borobudur yang hingga kini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan; setiap tahun umat Budha yang datang dari seluruh Indonesia dan bahkan mancanegara akan berkumpul diCandi Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. Dalam dunia pariwisata, Candi Borobudurmerupakan obyek wisata di Indonesia yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Tidak seperti candi – Candi lainnya yang dibangun di atas tanah datar, Candi Borobudurmerupakan candi yang dibangun di atas bukit yang mempunyai ketinggian sekitar 265 m (870, dari permukaan laut dan 15 m di atas dasar danau purba yang saat ini telah mengering. Keberadaan dari danau purba, menjadi bahan perdebatan di kalangan para arkeolog pada abad ke-20,bahkan ada yang berpendapat bahwa Candi Borobudur dibangun di tepi danau atau juga di bangun di tengah danau.Wisata

Arsitektur Candi Borobudur:

* Denah Candi Borobudur Ukuran Panjang 121,65, tinggi 35,4 m.
* Susunan Bangunan Berupa teras berundak (6 teras berdenah persegi dan 3 teras berdenah lingkaran.
* Pembagian vertikal secara filosofi mengandung ajaran Budha melalui relief yang terpahat pada tingkat Kamadhatu, Rupadhatu dan Arupadhatu.
* Tangga naik pada keempat penjuru dengan pintu masuk berada di sebelah timur.
* Untuk membaca Relief yang di pahatkan pada dinding dan pagar langsung dengan cara pradaksina ( mengelilingi candi searah jarum jam.
* Batu -batu Candi Borobudur di susun menutupi tanah bukit dengan Volume seluruhnya sekitar 55.000 meter kubik yang tersusun kurang dari 2,000.000 potong Batu.
* Arca berjumlah 504 buah.
* Stupa Berjumlah 73 Buah.

Lokasi Candi Borobudur:
Lokasi candi Borobudur adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Candi Borobudur terletak di atas bukit pada dataran yang dikeliling dua pasang gunung kembar; Gunung Sundoro-Sumbing di sebelah barat laut dan Merbabu-Merapi di sebelah timur laut, di sebelah utaranya terdapat bukit Tidar, lebih dekat di sebelah selatan terdapat jajaran perbukitan Menoreh, serta candi ini terletak dekat pertemuan dua sungai yaitu Sungai Progo dan Sungai Elo di sebelah timur. Menurut legenda Jawa, daerah yang dikenal sebagai dataran Kedu adalah tempat yang dianggap suci dalam kepercayaan Jawa dan disanjung sebagai ‘Taman pulau Jawa’ karena keindahan alam dan kesuburan tanahnya.

Harga tiket masuk candi borobudur
Harga Tiket Masuk ke Lokasi Candi Borobudur saat Artikel Ini ditulis untuk satu orang adalah Rp.35.000

(Visited 98 times, 1 visits today)